logo

Vokasi

Dorong Kehadiran UMKM Kecantikan, Mahasiswa UNY Olah Minyak Kelapa Jadi Sabun

Dorong Kehadiran UMKM Kecantikan, Mahasiswa UNY Olah Minyak Kelapa Jadi Sabun
Proses pembuatan sabun kelapa oleh mahasiswa KKN Vokasi UNY (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Vokasi04 Mei, 2023 23:00 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Berawal dari mengoptimalkan potensi sumber daya alam lokal, para mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mampu menghasilkan sabun anti bakteri dan jerawat berbahan kelapa.

Produk olahan ini diharapkan mampu menjadi pemancing kalangan muda di Desa Bojong Tiga, Kecamatan Panjatan, Kulonprogo, Yogyakarta untuk tertarik menghadirkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam bidang kecantikan.

Sabun anti jerawat ini merupakan hasil kolaborasi para mahasiswa UNY yang tengah melakukan KKN Vokasi. Mereka terdiri dari Reza Al- Faruqi, Citra Ramadhani, Wina Nurlita Putri, Elva Khusna, Agista Adfah Pramesti, Qanita Diza Astuti, Hanamel Ananta, Anggie Lusiana Devi dan Nadia Syalwa.

Ketua Kelompok KKN Bojong 3 Reza Al-Faruqi menerangkan pembuatan sabun kelapa ini menggunakan coconut oil atau minyak kelapa sebagai bahan dasarnya.

"Karena minyak kelapa mempunya banyak manfaat di antaranya dapat mencerahkan kulit serta merangsang pertumbuhan kolagen," kata Reza, Kamis (4/5/2023).

Potensi Alam

Reza memaparkan minyak kelapa yang memiliki fungsi melembabkan kulit, meredakan peradangan kulit. Juga, kandungan asam lemaknya dapat mengobati jerawat punggung dan sebagai antibakteri.

Minyak kelapa juga memiliki senyawa anti inflamasi, sehingga dapat meredakan berbagai jenis peradangan pada kulit, termasuk jerawat.

Sebagai penanggungjawab program, Mahasiswa prodi D4 Tata Rias Fakultas Vokasi, Agista Adfah Pramesti, mengatakan alasan memilih minyak kelapa sebagai bahan pembuatan sabun adalah karena buah kelapa adalah salah satu potensi alam yang utama di desa Bojong.

"Kelapa adalah buah yang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan seperti makanan, minuman bahkan skincare untuk wajah atau tubuh. Dari situ saya termotivasi untuk membuat coconut soap atau sabun batang untuk badan dengan kandungan-kandungan yang ada pada kelapa," katanya.

Tujuannya, agar para pemuda-pemudi Bojong terpacu semangatnya untuk mendirikan usaha UMKM di bidang kecantikan dengan bahan yang mudah dicari di lingkungan sekitar.

Read Next