logo

Kampus

Dorong Munculnya Atlet Bagus, UMM Selenggarakan Kejuaraan Pencak Silat

Dorong Munculnya Atlet Bagus, UMM Selenggarakan Kejuaraan Pencak Silat
UMM Championship 2021, Minggu (28/11/2021) ((EDUWARA/UMM))
Fathul Muin, Kampus02 Desember, 2021 22:15 WIB

Eduwara.com, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional secara virtual untuk mendorong munculnya atlet-atlet bagus di cabang olahraga tersebut.

Ketua penyelenggara lomba Rafif Naufal Sembiring mengatakan bahwa persiapan lomba berlangsung cukup singkat. Hanya dalam tempo kurang dari satu bulan, panitia berhasil mempersiapkan lomba untuk dua kategori, yaitu kategori tunggal putra dan putri serta kategori beregu.

"Awalnya kami sempat pesimis bahwa lomba ini dapat diikuti oleh banyak tim. Pasalnya, persiapannya hanya dalam waktu 28 hari. Meski begitu, kami bersyukur dalam waktu yang relatif singkat ada 20 universitas yang mendaftarkan diri baik di kategori tunggal maupun beregu," ujar mahasiswa Fakultas Hukum tersebut, Kamis (2/12/2021).

Rafif juga menceritakan bahwa panitia sempat mengalami kendala saat memilih tim juri. Awalnya, panitia bermaksud meminta tim juri dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Pusat. Namun karena berdekatan dengan agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) akhirnya tim juri diganti dari IPSI Kota Malang.

"Sempat ada kendala ketika mengajukan juri ke IPSI Jawa Timur karena para juri di IPSI Pusat baru saja merampungkan penjurian di PON. Karena waktu yang semakin sempit, akhirnya kami minta juri dari IPSI Kota Malang," ungkap mahasiswa asal Medan itu.

Dia bersyukur, kejuaraan pencak silat disambut baik oleh berbagai kalangan. Meski proses persiapannya terbilang singkat, kejuaraan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala berarti. 

Pada kejuaraan yang disiarkan live streaming melalui kanal Youtube UMM Championship 2021, Minggu (28/11/2021), dan diikuti puluhan atlet dari berbagai universitas yang ada di Indonesia, UMM mampu menjadi juara umum dengan perolehan medali, empat medali emas, dua medali perak, serta dua medali perunggu.

"Terima kasih kepada panitia yang sudah bertugas dengan sangat baik. Tentu, masih banyak aspek yang harus diperbaiki. Semoga kejuaraan selanjutnya bisa memberikan hasil yang lebih positif. Kami berharap gelaran UMM Championship, utamanya pencak silat, bisa menjadi kegiatan tahunan. Semoga dari kejuaraan ini akan muncul atlet-atlet yang bagus dan profesional," ujarnya. 

Read Next