logo

Sekolah Kita

Kemendikbudristek Berkomitmen Sukseskan Digitalisasi Sekolah

Kemendikbudristek Berkomitmen Sukseskan Digitalisasi Sekolah
Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya yang hadir sebagai pembicara utama pertama pada hari pertama ISODEL 2021 ((Kemendikbudristek))
Redaksi, Sekolah Kita02 Desember, 2021 19:54 WIB

Eduwara.com, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkomitmen untuk menyukseskan program digitalisasi sekolah. Cakupannya tidak hanya memperluas akses terhadap teknologi, tetapi juga menjembatani ketimpangan pada pengetahuan dan penguasaan teknologi.

Komitmen tersebut kembali disampaikan Mendikbudristek Nadiem Makarim saat membuka International Open, Distance, And e-Learning Symposium (ISODEL) 2021 secara daring di Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Nadiem mengakui disrupsi teknologi ikut mempengaruhi dunia pendidikan. “Namun, tidak ada pilihan selain beradaptasi dan berinovasi. Dapat menjadikan disrupsi sebagai solusi,” kata Nadiem.

Nadiem menambahkan untuk menyikapi pesatnya perkembangan teknologi, Kemendikbudristek mengembangkan platform pendidikan digital yang bertujuan membantu guru dalam proses pembelajaran. 

“Karena untuk terus berinovasi kita membutuhkan generasi bertalenta digital (digital talent) yang kreatif dan mau berkontribusi untuk negeri,” tegasnya.

Dilansir dari siaran pers Kemendikbudristek, Kamis (2/12/2021), ISODEL 2021 mengusung tema  “Teknologi Pendidikan di Era kenormalan Baru Sekarang dan Akan Datang”. Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek secara virtual pada 1-3 Desember 2021 dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan pendidikan, peneliti, pendidik, akademisi komunitas, dan praktisi, baik yang ada di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Mendikbudristek meyakini, gagasan yang lahir dari ISODEL 2021 akan menjadi masukan berharga bagi Kemendikbudristek untuk melanjutkan gerakan Merdeka Belajar sehingga sistem pendidikan Indonesia akan menjadi lebih relevan dan lebih adaptif dengan perubahan zaman.

Infrastruktur Jaringan Komunikasi

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya yang hadir sebagai pembicara utama pertama pada hari pertama ISODEL 2021, mengatakan teknologi komunikasi dapat melestarikan kebudayaan karena tiga alasan, yaitu memiliki metode berkelanjutan, penyimpanan yang besar, dan memperluas eksposur.

“Generasi mendatang dapat menyaksikan dan merasakan langsung kebudayaan saat ini. Saya yakin, Kemendikbudristek sudah di jalur yang benar menuju itu,” ucap Tantowi.

Pada bagian lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, lebih dari Rp 100 triliun telah dianggarkan pemerintah untuk dana pendidikan, riset, dan kebudayaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan dari warga negara Indonesia. 

“Untuk itu keluarga yang paling rentan perlu dibantu. Selain itu pemerintah juga menyediakan beasiswa yang dapat dimanfaatkan seluruh warga Indonesia untuk mendapatkan pendidikan lanjutan dan lebih baik,” tuturnya.

Sedangkan dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh di masa pandemi, kata Sri Mulyani, anggaran tersebut juga digunakan untuk membangun infrastruktur jaringan komunikasi, karena terdapat lebih dari 20.000 keluarga yang tidak mendapatkan akses koneksi internet di seluruh Indonesia. 

Pemerintah juga telah memberikan subsidi, yang salah satunya berupa bantuan kuota data internet yang dapat memberikan kemudahan akses internet kepada seluruh siswa, guru, mahasiswa, dan dosen untuk proses pembelajaran di masa pandemi.

 

Read Next