logo

Kampus

Dosen UII Masuk Top World Ranking Scientists

Dosen UII Masuk Top World Ranking Scientists
Dosen Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Islam Indonesia UII, Is Fatimah berhasil masuk dalam kelompok peneliti kelas dunia versi Stanford University. (EDUWARA/Dok. UII)
Setyono, Kampus03 Januari, 2023 22:38 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Dosen Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Islam Indonesia (UII), Is Fatimah berhasil masuk dalam kelompok peneliti kelas dunia versi Stanford University.

Tak hanya masuk sebagai “Top 2% World Ranking Scientists" versi Stanford University, Fatimah pada awal tahun ini juga dinobatkan sebagai peneliti dengan jumlah sitasi yang tinggi.

Dengan raihan ini, Fatimah menyandang gelar 'Top-cited Indonesian Scientist in 2022', serta menempati peringkat 53.503 dunia dan urutan 11 Indonesia versi Elsevier BV. Sebuah perusahaan penerbitan akademik asal Belanda yang fokus pada konten ilmiah, teknis, dan kesehatan.

 "Keberhasilan ini adalah hasil dari komitmen yang kuat serta dedikasi yang tinggi di bidang penulisan dan penelitian," jelas Fatimah, Selasa (3/1/2023).  

Dalam kinerjanya, Is Fatimah berhasil menerbitkan berbagai karya berupa tujuh buku skala nasional dan tiga buku dengan skala internasional. Dari karya-karya tersebut, ada sebanyak 2.600 total sitasi yang diperoleh, 72 i10 indeks, dan 24 h-indeks.

"Kegiatan menulis dan memperbanyak penelitian adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Menulis paper adalah melaporkan hasil penelitian. Menulisnya sendiri adalah kegiatan yang menyenangkan," ucapnya.

Bagi Fatimah, semua keberhasilan ini didedikasikan terhadap keilmuan dan menjadi keberkahan bagi sekitar.

"Hanya ingin berkontribusi pada pengembangan keilmuan dan upaya meningkatkan kualitas penelitian," ujarnya.

Sebagai upaya mendorong  para sivitas di UII terus meningkatkan kualitas diri, Fatimah meminta mereka berkarya sungguh-sungguh dalam bidang keilmuan sesuai kemampuan. 

Read Next