logo

Kampus

Dosen UMBY Diminta Tingkatkan Publikasi Penelitian dan Pengabdian

Dosen UMBY Diminta Tingkatkan Publikasi Penelitian dan Pengabdian
UMBY menyelenggarakan sosialisasi mengenai hak kekayaan intelektual, penelitian dan pengabdian masyarakat serta program matching fund. Kegiatan ini dilaksanakan Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) UMBY. (UMBY)
Setyono, Kampus15 Desember, 2022 18:14 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Agus Slamet mendorong para dosennya untuk terus meningkatkan publikasi penelitian maupun pengabdian pada masyarakat. Ini sebagai upaya memperbesar peluang mendapatkan dana hibah dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

"Peningkatkan publikasi hasil penelitian dan pengabdiannya diharapkan mampu meningkatkan jumlah dosen UMBY penerima hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Kemendikbud Ristek daripada tahun sebelumnya," jelas Agus pada Kamis (15/12/2022).

Karena itulah, sebagai upaya membantu para dosen memperoleh hibah, publikasi dan HAKI berjalan lancar, UMBY menyelenggarakan sosialisasi mengenai hak kekayaan intelektual, penelitian dan pengabdian masyarakat serta program matching fund. Kegiatan ini dilaksanakan Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) UMBY.

Rektor Agus berharap dari acara ini nantinya akan menjadi bentuk dukungan dan motivasi kepada para dosen UMBY mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi yaitu bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kepala P3MK UMBY Setyo Utomo, mengatakan, acara sosialisasi akan mampu meningkatkan kuantitas dosen mengikuti hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Kemendikbud Ristek tahun 2023 bisa meningkat dan lolos.

"Kedepannya kami akan menyelenggarakan Klinik Proposal untuk pendampingan para dosen yang akan maju mengikuti hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," jelas Setyo.

Kepada para peserta, dosen UMBY Dwiyati Pujimulyani yang pernah menerima hibah program Matching Fund tahun 2022 menyampaikan pengalamannya mulai dari awal mula mendaftar program sampai akhirnya bisa mendapatkan hibah tersebut.

"Saya harap, para dosen-dosen muda bisa melanjutkan semangat untuk bisa melakukan penelitian karena muaranya penelitian kita sebagai dosen diperuntukan untuk mengabdi kepada masyarakat" jelasnya.

Pada acara ini P3MK UMBY mengundang reviewer nasional penelitian dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yusril Yusuf dan nasional pengabdian kepada masyarakat yang sekaligus dosen UMBY. Chatarina Wariyah. Mereka berdua memberikan kiat-kiat dalam mengajukan proposal hibah ke Kemendikbud Ristek.

Selain menghadirkan reviewer skala nasional, juga hadir Kepala Subbidang Pelayanan Hak Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Kanwil DIY Vanny Aldilla, yang menyampaikan mengenai pentingnya perlindungan secara hukum dari hasil karya cipta para akademisi.

 

Read Next