logo

Kampus

Dua Relawan Mapala SPECTA UIN Raden Mas Said Bantu Korban Gempa Cianjur

Dua Relawan Mapala SPECTA UIN Raden Mas Said Bantu Korban Gempa Cianjur
Relawan Mapala SPECTA UIN Raden Mas Said Solo. (EDUWARA/Dok. UIN Raden Mas Said Solo)
Redaksi, Kampus07 Desember, 2022 03:29 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – Dua relawan Mapala SPECTA Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Solo diterjunkan untuk membantu proses evakuasi pasca gempa Cianjur serta melakukan penyaluran hasil donasi berkolaborasi dengan Onsight Foundation.

Adalah Imam Dzul Iqbal dari Fakultas Ushuluddin dan Dakwah dan Ahmad Ainun Nadhor dari Fakultas Adab dan Bahasa yang berangkat ke lokasi sebagai bentuk kepedulian untuk korban bencana gempa Bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Di lokasi bencana, Mapala SPECTA tergabung dalam grup relawan yang terdiri atas relawan SARMMI dan Onsgiht Foundation. Grup tersebut telah mendirikan posko induk di Dusun Sirnagalih, Kecamatan Cilak.

Ahmad menerangkan, tim itu akan melakukan distribusi bantuan serta mendukung upaya penanganan bencana yang dilakukan pemerintah serta organisasi masyarakat setempat sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

"Sementara ini, kami fokus menyalurkan bantuan peralatan pertukangan guna menunjang renovasi bangunan-bangunan yang runtuh akibat gempa," terang Ahmad Ainun Nadhor seperti dilansir Eduwara.com, Selasa (6/12/2022), dari laman UIN Raden Mas Said Solo.

Ahmad menambahkan, tidak hanya membantu dalam fasilitas infrastruktur akan tetapi tim relawan juga membantu dalam segi kesehatan korban.

"Kami juga menyalurkan obat-obatan untuk para korban, karena bantuan dalam segi kesehatan sangat diperlukan oleh para korban saat ini," tambah dia.

Tim tersebut, sambung Ahmad, telah mendapatkan assessment terkait rusaknya tempat ibadah/masjid, pada saat ini masih ada masjid yang masih layak serta masih sering digunakan masyarakat.

"Dari perangkat desa menganjurkan untuk merenovasi masjid yang telah rusak tersebut agar bisa digunakan masyarakat kembali," jelas dia.

Sementara itu, Imam mengatakan setelah mendapat assessment, tim langsung bergerak untuk mempersiapkan langkah selanjutnya.

"Hari Senin, kami dan tim relawan lainnya langsung melakukan pembongkaran masjid yang rusak untuk merenovasi kembali," ujar dia.

Sebelumya, Mapala SPECTA telah menggelar aksi penggalangan dana selama empat hari. Aksi itu digelar dengan sejumlah anggota Mapala SPECTA bergerak ke beberapa titik di sekitaran wilayah kampus UIN Raden Mas Said Solo.

Hasil donasi terkumpul sejumlah Rp 6.066.000, dan sepenuhnya disalurkan kepada korban terdampak gempa di Cianjur melalui yayasan Onsight Foundation. (K. Setia Widodo/*)

Read Next