logo

Kampus

Erick Thohir dan Pratikno Puji Akses Kuliah Publik di Fisipol UGM

Erick Thohir dan Pratikno Puji Akses Kuliah Publik di Fisipol UGM
Kampus UGM (EDUWARA/Dok. UGM)
Setyono, Kampus10 Agustus, 2022 21:44 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Sekretaris Negara Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengapresiasi inovasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang melahirkan sistem perkuliahan yang bisa akses oleh publik.

Dalam peluncurannya, Dekan Fisipol UGM Wawan Mas'udi menjelaskan bahwa Learning Management System Fisipol Online Campus (LMS Focus) adalah sebuah sistem pembelajaran daring yang dibentuk untuk memberikan akses perkuliahan gratis kepada publik.

"LMS Focus bisa menjadi wadah pembelajaran secara mandiri melalui metode hybrid antara daring dan luring serta memadukan pembelajaran sinkron dan asinkron," kata Wawan Mas’udi, Rabu (10/8/2022).

Wawan melanjutkan, LMS Focus merupakan inovasi yang dikembangkan Fisipol UGM bersama alumni guna menghadirkan sistem pendidikan dan pembelajaran bersifat inklusif, menjangkau semua kalangan, adaptif, fleksibel dan lincah.

"Semua perguruan tinggi dihadapkan pada tantangan tersebut. Karenanya kita juga harus siap dengan segala perubahan itu dari sisi akademik dan praktis," katanya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan platform sistem pembelajaran yang dikembangkan Fisipol UGM sangat relevan pada kondisi saat ini, di tengah dunia menghadapi disrupsi teknologi digital, terutama yang terjadi di bidang media, kesehatan dan lebih jauh lagi di bidang lainnya. 

Pemerintah, menurut Erick, tidak ingin potensi digitalisasi di Indonesia ini justru gagal.

"Di mana bisa kita optimalkan untuk bangsa kita sendiri. Tahun 2030 potensi ekonomi digital mencapai Rp 4.500 triliun. Pertumbuhan delapan kali lipat dari ekonomi digital saat ini," ungkapnya.

Menurutnya, setiap perguruan tinggi harus bisa berinovasi dan bertransformasi untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital agar Indonesia bisa berdaulat dalam ekosistem digital di negeri sendiri.

"Jangan sampai potensi ekonomi digital itu dinikmati segelintir orang sehingga menjadikan kesenjangan semakin lebar. Saya mengapresiasi platform LMS Focus sebagai wadah pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran mandiri dan aktif secara hybrid," katanya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno, mengatakan pengembangan model pembelajaran yang bisa diakses oleh publik akan memberikan kemudahan bagi anak muda di Indonesia yang mau kuliah di UGM.

"Keterbatasan kursi, yang menjadikan mereka gagal masuk UGM, tidak berarti mereka tidak mampu. Keterbatasan kursi yang membatasi mereka," katanya.

Menurut Pratikno, sistem pembelajaran yang dikembangkan Fisipol UGM ini bisa membuka akses bagi mahasiswa maupun publik untuk kuliah secara luring dan daring serta memiliki kelebihan dari sisi fleksibilitas waktu dan tempat.

Read Next