logo

Kampus

Unisri Solo Kirim Enam Mahasiswa PMM ke Manado

Unisri Solo Kirim Enam Mahasiswa PMM ke Manado
Penyerahan Enam Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Unisri Solo ke Unsrat Manado. (Unisri)
Redaksi, Kampus10 Agustus, 2022 15:54 WIB

Eduwara.com, SOLO – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo menyerahkan enam mahasiswa peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) kepada Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara (8/8/2022).

Wakil Rektor Bidang Akademik Unisri Solo Rispantyo mengatakan, keenam mahasiswa yang mengikuti PMM itu berasal dari Program Studi (Prodi) Hukum, Manajemen, dan Administrasi Negara.

Adapun, mata kuliah yang akan diikuti mahasiswa PMM UNISRI sebanyak 20 Satuan Kredit Semester (SKS) selama empat bulan efektif yakni mulai Agustus hingga Desember 2022.

“Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ini sebagai komitmen Unisri dalam mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tujuan memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa dalam mengembangkan softskill dan hardskill,” ujar dia seperti yang dilansir dari laman resmi Unisri Solo, Rabu (10/8/2022).

Wakil Rektor I Unsrat Grevo S. Gerung menyampaikan bahwa kegiatan pertukaran mahasiswa merdeka ini penting dalam upaya pengembangan diri mahasiswa, di samping pengembangan institusi seperti peningkatan peringkat akreditasi.

“Kerja sama antar perguruan tinggi di Indonesia akan menambah nilai-nilai persatuan untuk saling menghargai dan menghormati keberagaman budaya. Terlebih dilakukan antar pulau, seperti yang dilakukan antara Unisri dan Unsrat,” jelas dia.

Mahasiswa Unisri Solo, sambung dia, akan diperlakukan seperti mahasiswa Unsrat dalam mengikuti perkuliahan dan berbagai kegiatan kemahasiswaan selama di Unsrat.

Sementar itu, Koordinator Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unisri Saiful Bahri menuturkan kegiatan PMM merupakan pelaksanaan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diperoleh UNISRI dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) tahun anggaran 2022. Pelaksanaan tersebut bertujuan untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

“Kerjasama dan kemitraan antara Unisri dengan Unsrat ini tidak hanya dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), melainkan rekognisi dosen dan penelitian kolaborasi sebagai bentuk kegiatan Tri Dharma,” ujar dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next