logo

Sekolah Kita

Pramuka Kwarcab Kota Solo Lepas Kontingen Jambore Nasional 2022

Pramuka Kwarcab Kota Solo Lepas Kontingen Jambore Nasional 2022
Kontingen Jambore Nasional 2022 Pramuka Kwartir Cabang Kota Solo. (EDUWARA/K. Setia Widodo)
Redaksi, Sekolah Kita10 Agustus, 2022 00:29 WIB

Eduwara.com, SOLO – Pramuka Kwartir Cabang Kota Solo melepas kontingen Jambore Nasional (Jamnas) 2022, Senin (8/8/2022). Pelepasan tersebut dilaksanakan oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa di halaman Rumah Dinas Wali Kota Solo.

Kontingen beranggotakan 20 orang yang terdiri atas satu regu penggalang putra dan satu regu penggalang putri, masing-masing beranggotakan delapan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sederajat Kota Solo, serta empat pendamping. 

Mereka akan mengikuti Jamnas 2022 yang akan dilaksanakan pada 14-21 Agustus mendatang di Bumi Perkemahan Wiladikta Cibubur, Jakarta Timur.

Dalam sambutannya, Teguh mengatakan jambore tidak sekadar mengikuti perkemahan. Namun juga mendukung dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat jasmani dan rohani. 

Teguh berpesan agar seluruh kontingen dapat tampil dengan sebaik-baiknya.

“Berbagai persiapan telah diikuti, dan apa yang telah diberikan oleh para pembimbing dapat diimplementasikan dengan baik dan didasari dengan rasa tanggung jawab,” kata dia.

Teguh berharap, Kontingen Kwarcab Kota Solo dapat membawa hal yang membanggakan dengan dilandasi semangat sportifitas. 

Dia juga berpesan kepada anggota kontingen yang berangkat menuju Jamnas 2022 agar senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan yang dilandasi kedisiplinan serta tanggung jawab yang tinggi. Juga, tidak lupa menaati protokol kesehatan.

Andalan Bina Muda Urusan Penggalang Putri, Sri Sunarsih mengatakan seleksi kontingen sudah dilaksanakan sejak Mei 2022. Setelah terpilih 16 peserta, mereka melanjutkan pelatihan tahap kedua sejak 7 Juni hingga 7 Agustus 2022.

“Semua materi kami persiapkan, mulai dari fisik, Peraturan Baris Berbaris (PBB), serta ketrampilan kepramukaan. Di samping itu mereka juga diberi pelatihan public speaking. Ketika seleksi kami juga menguji peserta agar berbicara di muka umum mengenai keunikan dan kekhasan budaya di Kota Solo,” jelas Sri kepada Eduwara.com, Senin (8/8/2022) selepas acara.

Pramuka Garuda

Sementara itu, Andalan Bina Muda Urusan Penggalang Putra, Dwi Purnomo menuturkan salah satu syarat mengikuti Jamnas 2022 ialah sudah berpangkat Pramuka Garuda. Oleh karena itu, dalam pelepasan kontingen, peserta juga dilantik sebagai Pramuka Garuda.

“Salah satu syarat mengikuti Jambore Nasional adalah sudah dilantik menjadi Pramuka Garuda. Tetapi pelantikan tidak harus bersamaan dengan event ini. Masing-masing pangkalan bisa melakukan pengajuan Pramuka Garuda ke Kwartir Cabang Kota Solo. Di mana di tingkat Kota sudah ada jadwal pengukuhan setiap tahunnya yakni antara bulan Agustus dan September,” ujar Dwi, yang juga Pembina Damping Jamnas Kontingen Kota Solo itu.

Pimpinan Regu Putra, Aryo Damar Satrio Jati mengaku senang menjadi bisa menjadi salah satu kontingen Jamnas Kota Solo karena bisa menambah pengalaman dan mendapatkan teman-teman baru dari sekolah lain.

Aryo Damar mengaku sudah berkegiatan di Pramuka sejak Sekolah Dasar (SD) namun tidak terlalu mendalaminya. 

“Ketika bersekolah di SMPN 4 Solo, saya mendaftarkan diri menjadi Dewan Penggalang kemudian mengikuti seleksi. Alhamdulillah lulus seleksi menjadi kontingen Jamnas dan menjadi Pramuka Garuda,” kata dia.

Pada sisi lain, Pimpinan Regu Putri, Rebecca Natalena Ayu Pratiwi berharap dari awal perjalanan hingga sampai di lokasi perkemahan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai ekspektasi.

Dalam Jamnas 2022, dia dan teman-temannya mengemban misi untuk mengenalkan budaya dan keragaman di Kota Solo. Oleh karena itu mereka akan menampilkan beberapa kesenian ketika pentas seni.

“Nantinya sewaktu pentas seni, kami akan menampilkan Tari Wirakusuma dan pencak silat. Selain itu ada drama teater yang menceritakan Mangkunagara I,” ungkap dia. (K. Setia Widodo)

Read Next