logo

Kampus

Fakultas Pertanian UMY Kejar Asa Jadi Unggulan di Asia Tenggara

Fakultas Pertanian UMY Kejar Asa Jadi Unggulan di Asia Tenggara
Dekan Fakultas Pertanian UMY, Indira  Prabasari  (UMY)
Setyono, Kampus28 Juli, 2022 12:01 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) optimistis bisa menjadi fakultas pertanian unggul di Asia Tenggara lewat peningkatan jurnal internasional, inovasi pembelajaran, dan sumbangsih terhadap masyarakat. 

Dekan Fakultas Pertanian UMY Indira Prabasari mengatakan lewat momentum milad ke-38 fakultasnya, pihaknya mengangkat tema '38 Tahun Mengangkat Pertanian Indonesia', yang mencerminkan semangat FP UMY untuk turut andil dalam membangun negeri.

"Tema ini kita pilih sebagai sebagai penyemangat karena 38 tahun ini kita tanpa henti memberikan pengajaran yang terbaik di bidang pertanian dengan berbagai inovasi di bidang riset dan pengabdian masyarakat memberikan yang terbaik dalam membangun negeri," tutur Indira, Kamis (28/7/20220).

Menurutnya, dengan memasuki usai ke-38, FP sudah memasuki usia dewasa, sehingga diharapkan akan lebih mampu memberikan manfaat yang lebih banyak ke masyarakat.

"Kami terus optimis menjadi fakultas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian yang berlandaskan nilai-nilai Islam tahun 2025 se-Asia Tenggara," ungkapnya.

Selama 38 tahun berdiri, FP UMY telah memiliki berbagai capaian dalam sepak terjangnya di dunia pendidikan. Mulai dari mendapatkan akreditasi unggul hingga mendapatkan publikasi jurnal yang telah terindeks Scopus.

"Alhamdulillah, rekognisi eksternal telah kami dapatkan yaitu terakreditasi Unggul untuk Prodi Agroteknologi dan Agribisnis. Di tahun yang sama Prodi Agroteknologi mendapat sertifikasi AUN-QA serta Jurnal Agribisnis, terindeks Scopus dan terakreditasi Sinta 1," terang Indira.

Tak hanya itu, FP UMY juga mendapatkan dana hibah untuk pelaksanaan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) sebagai bentuk kepercayaan eksternal dengan total nilai sebesar Rp3,4 miliar.

Pada tahun-tahun mendatang, Indiran mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen memberikan manfaat serta pengabadian di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) Indonesia.

Tags:kampus

Read Next