logo

Kampus

FEB UMY dan BEY DIY Perluas Upaya Peningkatan Literasi Investasi di Masyarakat

FEB UMY dan BEY DIY Perluas Upaya Peningkatan Literasi Investasi di Masyarakat
Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memperluas upaya peningkatan literasi di masyarakat. Salah satu agenda yang dijalankan adalah sosialisasi dan upaya meningkatkan angka melek literasi terhadap investasi di pasar modal yang inklusi kepada 117 ibu anggota Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) di Kampus UMY, Sabtu (26/8/2023). (EDUWARA/Dok. UMY)
Setyono, Kampus26 Agustus, 2023 19:20 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Bersama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memperluas upaya peningkatan literasi di masyarakat.

Salah satu agenda yang dijalankan adalah sosialisasi dan upaya meningkatkan angka melek literasi terhadap investasi di pasar modal yang inklusi kepada 117 ibu anggota Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) di Kampus UMY, Sabtu (26/8/2023).

Dekan FEB UMY, Rizal Yaya mengatakan UMY perlu memberikan pengetahuan mengenai investasi di pasar modal.

"Pemberian edukasi perihal investasi di pasar modal tidak hanya terbatas untuk mahasiswa FEB UMY. Tetapi, secara lebih luas FEB memiliki peran untuk menyampaikan informasi perihal investasi di pasar modal kepada masyarakat," jelasnya.

Dekan FEB sekaligus Guru Besar di bidang Akuntansi ini menambahkan, kegiatan seperti edukasi mengenai tata cara berinvestasi pada pasar modal ke depan akan gencar dilakukan.

"Dengan menggelar acara terkait dan berkunjung memberikan edukasi langsung ke Galeri Investasi dan edukasi yang sudah diresmikan pada hari ini di UMY," jelasnya.

4 Galeri Investasi

Kepala Divisi Pengembangan Pasar BEI DIY, Dedy Priadi mengatakan kegiatan ini mengangkat tema 'Pencanangan Literasi dan Inklusi Pasar Modal dan Penyaluran Infaq Saham kepada 1.000 Ibu-Ibu Aisyiyah, 1.000 Guru TK ABA, 1.000 Anggota Nasyiatul Aisyiyah di Yogyakarta'.

"Kami juga meresmikan 4 Galeri Investasi (GI) BEI yang ada di Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora (FEISHUM) Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Galeri Edukasi SMA N 2 Bantul, Galeri Edukasi MAN 2 Bantul dan Galeri Investasi Digital BEI Pengurus Wilayah Khusus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Turki," ungkapnya.

Dedy mengatakan UMY berperan sebagai perguruan tinggi yang memberikan edukasi langsung kepada para calon investor terkait dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan edukasi mengenai investasi di pasar modal.

Melalui peresmian Galeri Investasi ini, lanjut Dedy, BEI berharap akan mencegah adanya penipuan-penipuan terhadap investasi.

"Salah satu perlindungan sebagai investor, yakni edukasi. Galeri Investasi ini pula yang ditujukan sebagai wadah penyebaran informasi bagi para calon investor di pasar modal agar meminimalisir terjadinya penipuan terhadap investasi," imbuh Dedy.

Tidak hanya Galeri Investasi dan Edukasi, BEI juga meluncurkan program Penyaluran Infaq Saham dari LazisMu Yogyakarta kepada Guru Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) di Yogyakarta.

Penyaluran deviden dari investor dalam bentuk sedekah saham juga menjadi program yang diluncurkan. Penyaluran sedekah deviden melalui LazisMu Yogyakarta kepada Guru TK ABA ini diharapkan akan mempermudah investor untuk melakukan kegiatan infaq.

Read Next