logo

Kampus

FKUI dan Idealab Kembangkan Pusat Pengelolaan Data Kesehatan

FKUI dan Idealab Kembangkan Pusat Pengelolaan Data Kesehatan
FKUI miliki Big Data Center untuk kelola mahadata kesehatan (UI)
Bhakti Hariani, Kampus03 Februari, 2022 12:30 WIB

Eduwara.com, JAKARTA— Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) didukung venture builder UMG Idealab mewujudkan adanya Big Data Center IMERI-Idealab, yaitu sebuah layanan terintegrasi One Stop Service dalam pengelolaan data yang masif di bidang kesehatan.

Direktur IMERI Badriul Hegar menuturkan, IMERI memiliki visi untuk mengembangkan penelitian di bidang Pendidikan medis dan ilmu medis terutama yang melibatkan data kesehatan. 

“IMERI diharapkan dapat memfasilitasi peneliti dengan suatu platform yang dapat mengolah mahadata biologis, klinis, sosial, maupun lingkungan, untuk mengembangkan suatu pelayanan kesehatan baru agar memberikan manfaat bagi pelayanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia,” ujar Badriul dalam siaran pers yang diterima Eduwara.com, Kamis (3/2/2022).

Berangkat dari visi yang sama, Idealab bersedia bekerja sama dengan IMERI dalam membangun Platform Health Big Data Center. 

Direktur Utama UMG Idealab Achmad Syaefi mengungkapkan bahwa IMERI sebagai wadah bagi para ahli dan praktisi medis berkontribusi dalam pendidikan dan penelitian, 

“Kami yakin kami bersama partner yang tepat untuk bersama-sama mewujudkan layanan kesehatan yang inklusif dan aksesibel,” tutur Syaefi.

Dalam kesempatan yang sama, Founder UMG Idealab Kiwi Aliwarga mengungkapkan, kerja sama ini menjadi wujud nyata komitmen UMG Idealab terus berupaya mengembangkan peran teknologi 4.0 dalam berbagai lini kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk dalam bidang kesehatan.

Dekan FKUI Ari Fahrial Syam mengatakan, Big Data Center (BDC) ini adalah upaya dimana data kesehatan bisa dimanfaatkan dengan optimal. 

“Tidak hanya untuk kepentingan dari UI saja, melainkan kepentingan nasional bahkan dunia, karena big data kesehatan yang dianalisis dengan kecerdasan buatan dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” papar Ari.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI Nurtami berharap melalui BDC ini, IMERI melakukan upaya nyata pengelolaan data riset terintegrasi untuk terus meningkatkan kualitas riset dari bidang rumpun ilmu kesehatan dan memfasilitasi kolaborasi lintas disiplin. “Kolaborasi dalam riset dan inovasi dengan mitra nasional maupun internasional ini sangat penting untuk dapat memberikan academic, society, maupun economic impact kepada masyarakat,” ujarnya.

Layanan Penyimpanan Data

Wakil Direktur IMERI Bidang Riset dan Inovasi Budi Wiweko menyampaikan bahwa hadirnya pusat mahadata kesehatan di IMERI berpotensi dalam memfasilitasi peneliti di bidang kedokteran secara khusus dan informatika medis secara umum. 

Selanjutnya informasi tersebut akan diolah serta dikelola menjadi pengetahuan serta algoritma pelayanan kecerdasan buatan yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

Big Data Center IMERI-Idealab menyediakan layanan yang dapat digunakan oleh pelanggan meliputi penyimpanan data kesehatan, pelabelan, pengelolaan, analisis, dan pengembangan algoritma berbasis kecerdasan buatan dalam satu platform berbasis teknologi komputasi awan. 

Wakil Ketua Administratif BDC IMERI-Idealab Muhammad Satrio Utomo menyampaikan untuk memperluas manfaat, BDC memberikan promo untuk pengguna baru yaitu adanya free trial untuk layanan data storage sebesar 1GB selama 30 hari serta promo layanan sebesar 100GB selama 3 bulan untuk 10 dari 50 orang pendaftar pertama yang beruntung.

Read Next