logo

Kampus

Forum Dekan FH PTM dan STIHM Fokus Tingkatkan Mutu Pendidikan

Forum Dekan FH PTM dan STIHM Fokus Tingkatkan Mutu Pendidikan
Tongat, Ketua Forum Dekan FH PTM dan STIHM yang juga menjabat Dekan FH UMM. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Kampus04 Februari, 2022 02:14 WIB

Eduwara.com, MALANG — Forum Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah (STIHM) mendorong agar Fakultas Hukum di lingkup PTM dan STIHM dapat meningkatkan mutu pendidikan lewat berbagai program kegiatan.

Ketua Forum Dekan FH PTM dan STIHM, Tongat, mengatakan forum tersebut merupakan perkumpulan seluruh Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah dan Sekolah Tinggi Hukum se-Indonesia. Terdapat 43 Fakultas Hukum yang tergabung dalam forum tersebut. Secara resmi dibentuk pada tahun 2015, forum ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing perguruan tinggi.

"Forum ini ada sebagai wadah untuk saling berbagi ide dan gagasan terkait kurikulum dan proses pembelajaran. Kegiatan itu pula yang diharapkan dapat mendorong dan menyamakan akreditasi dan kualitas dari 43 Fakultas Hukum di forum ini," ungkap Tongat yang juga Dekan FH Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (3/2/2022).

Selain fokus pada peningkatan mutu pendidikan, kata Tongat, forum ini juga aktif merespon isu-isu terkini. Saran serta masukan terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) juga turut disuarakan forum ini ke pemerintah. 

"Beberapa isu terbaru yang sudah kami bahas adalah RUU Omnibuslaw, RUU PKS, dan beberapa RUU lainnya," kata Tongat melanjutkan.

Dia menegaskan, program forum ingin merapatkan kesenjangan yang terjadi di fakultas hukum antar universitas anggota. Dengan begitu, semua yang turut serta dalam forum ini bisa berjalan bersama memperbaiki dan meningkatkan kualitas sehingga mampu melahirkan lulusan-lulusan mumpuni, cakap dan mandiri, serta menyamakan akreditasi.

Mengenai rekognisi internasional yang harus segera dicapai oleh Fakultas Hukum yang sudah mendapatkan akreditasi Unggul, kata dia, forum sudah menyiapkan workshop, pelatihan serta pendampingan mutu akreditasi internasional.

"Dua hal itu adalah pekerjaan rumah dan amanah yang diamanatkan oleh teman-teman pada masa jabatan saya yang kedua ini. Semoga bisa terealisasi dan memberikan manfaat bagi semua anggota," ujarnya.

Tongat terpilih kembali sebagai Ketua Forum Dekan FH PTM dan STIHM periode 2022-2024. Pemilihan dilakukan dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) keempat yang dilangsungkan oleh Forum Dekan PTM dan STIH di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat pada pertengahan Januari lalu.

Read Next