logo

Kampus

Hampir 2 Tahun Ditutup, Gerbang Belakang Kampus UNS Dibuka Kembali, Ini Tanggapan Mahasiswa

Hampir 2 Tahun Ditutup, Gerbang Belakang Kampus UNS Dibuka Kembali, Ini Tanggapan Mahasiswa
Suasana gerbang belakang kampus UNS yang dibuka kembali pada Senin (3/1/2022). (Eduwara.com/K. Setia Widodo)
Redaksi, Kampus04 Januari, 2022 12:01 WIB

Eduwara.com, SOLO—Setelah ditutup hamper dua tahun sejak pandemi Covid-19, gerbang belakang Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dibuka kembali, Selasa (3/1/2022). Kabar pembukaan gerbang kampus itu menjadi magnet tersendiri bagi para mahasiswa.

Hal tersebut menjadi angin segar bagi civitas akademika khususnya mahasiswa yang berdomisili di belakang kampus. Mereka tidak perlu lagi jalan memutar untuk masuk ke kampus UNS, sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.

Salah seorang mahasiswa UNS, Kusuma Hasan Surya, menuturkan pembukaan kembali gerbang itu sebenarnya hal sepele, namun menggugah perasaan dan memori.

"Ketika melewati gerbang belakang, memori-memori sebagai mahasiswa baru muncul kembali. Selain itu juga sangat membantu teman-teman yang kosnya di daerah belakang kampus. Apalagi yang tidak punya kendaraan pribadi," kata Hasan saat diwawancarai Eduwara.com saat melewati gerbang belakang UNS itu.

Sementara itu mahasiswa UNS lain, Diky Saputro mengatakan dibukanya pintu gerbang itu memudahkan mahasiswa yang berjalan kaki ke kampus. Juga membantu dia untuk menuju salah satu ATM yang terletak di dekat gerbang belakang.

Pakai Masker

Pantauan Eduwara.com di lokasi beberapa Satpam mengatur arus lalu lintas. Kendaraan yang masuk lewat gerbang belakang kampus itu terbilang ramai. Tidak hanya mahasiswa, namun civitas akademika lainnya juga terlihat memasuki kampus melalui gerbang belakang.

Satpam UNS bersiap melakukan pemeriksaan suhu kepada setiap kendaraan yang masuk lewat gerbang belakang UNS, Senin (3/1/2020). (Eduwara.com/K. Setia Widodo)

 

Salah seorang Satpam yang bertugas di gerbang belakang UNS, Maryadi, menuturkan jam buka gerbang belakang yaitu pukul 05.30 WIB. Sedangkan jam tutup gerbang maju satu jam dari biasanya yaitu pukul 22.00 WIB menjadi pukul 21.00 WIB.

"Sistem keluar masuk untuk pengendara roda empat diberlakukan kembali menggunakan karcis. Kemudian tetap cek suhu dan pemakaian masker untuk semua yang masuk," tambah dia.

Ketika Eduwara.com bertanya perihal sampai kapan gerbang belakang akan dibuka, dia mengaku belum bisa menjawab hal tersebut. Menurutnya, Satpam kampus hanya mendapatkan arahan dari atasan untuk membuka gerbang belakang kembali.

"Informasi yang kami terima yaitu hari Senin tanggal 3 Januari gerbang belakang sudah mulai dibuka karena kabarnya aktivitas kampus hampir berjalan 50%. Hanya itu informasi yang kami terima, untuk informasi selanjutnya belum ada," kata Maryadi. (K. Setia Widodo)

 

Editor: Riyanta

Read Next