logo

Kampus

Hari Pertama, UTBK-SNBT 2023 di Tiga Kampus di Yogyakarta Berjalan Aman

Hari Pertama, UTBK-SNBT 2023 di Tiga Kampus di Yogyakarta Berjalan Aman
Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023 sedang menyiapkan diri untuk mengikuti ujian. Tercatat total peserta UTBK-SNBT SNPMB 2023 di Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' (UPNV) Yogyakarta, dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebanyak 33.708 dari seluruh Indonesia. (EDUWARA/K. Setyono)
Setyono, Kampus08 Mei, 2023 18:47 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Tiga perguruan tinggi negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (8/5/2023) serentak melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023. Kegiatan ini akan berlangsung sampai Minggu (14/5/2023).

Tercatat total peserta UTBK-SNBT SNPMB 2023 di Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' (UPNV) Yogyakarta, dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebanyak 33.708 dari seluruh Indonesia.

Usai melakukan pantauan di UPN Veteran, Koordinator Humas dan Promosi SNPMB Ismaini Zain memastikan bahwa soal yang diujikan dalam UTBK-SNBT tidak akan bocor.

"Hal ini karena soal UTBK-SNBT tidak sama di satu sesi dan sesi lainnya. Bagaimana bisa bocor kalau soalnya itu beda-beda di satu sesi dan sesi lainnya," jelasnya.

Dihubungkan dengan dugaan kebocoran soal di UPN Veteran pada tahun lalu, Ismaini mengatakan hal itu tidak mungkin terjadi, meskipun soal yang diujikan difoto oleh peserta. Sebab, soal itu tidak akan keluar lagi. Setiap sesi akan memiliki soal yang berbeda. Sesi pagi akan beda soal dengan sesi siang.

Ditambahkan, tahun ini, opsi jawaban soal UTBK SNBT bukan berupa pilihan ganda. Soal yang dikerjakan peserta berupa literasi dan tidak mengharuskan mereka memilih satu jawaban. Peserta bisa memilih satu hingga beberapa jawaban di soal tersebut.

"Tidak ada opsi jawaban ABCD, adanya bulat-bulat yang dicentang. Bisa saja ada dua pertanyaan. Jawabannya juga bisa 2-3 opsi, memang tujuannya untuk memperkuat literasi," terangnya.

Ismaini juga menyebut, pengamanan di kampus, khususnya di kampus UPNV Yogyakarta, sudah cukup berlapis agar tidak ada kecurangan.

Sinkronisasi Data

Di UNY, agar pelaksanaan UTBK-SNBT SNPMB 2023, pihak penyelenggara telah menyediakan komputer yang jumlahnya dilebihkan untuk cadangan bila nanti ada yang bermasalah.

"Sedangkan untuk menghindari kecurangan dari peserta, yang disiapkan pihak UNY adalah sinkronisasi data, menyiapkan security kerja sama dengan kepolisian, dan penggunaan metal detector," jelas Ketua Panitia Pusat UTBK-SNBT UNY Tahun 2023, Siswantoyo.

Kesiapan yang lain yang dilakukan adalah melaksanakan coaching bagi semua petugas. Pengawas, dan semua petugas baik itu admin server, teknisi listrik, petugas keamanan, petugas medis, maupun petugas administrasi dilakukan coaching untuk sinkronisasi tugas, agar nantinya tahu apa yang harus dilakukan.

UNY telah menyiapkan sejumlah 46 ruang, yang setiap sesi mampu menampung 1.320 peserta, dan semua ruang sudah memenuhi ketentuan persyaratan dari panitia pusat SNPMB, misalnya PC minimal core 3 atau komputer Mac. Windows minimal 8, sedang UNY sudah rata-rata Windows 10.

Tahun ini  calon mahasiswa yang memilih UNY sebagai pilihan prodi tempat kuliah berjumlah 37.566 calon mahasiswa, dengan rincian pilihan I berjumlah 18.171 peserta dan pilihan II berjumlah 19.395 peserta.

Read Next