logo

Kampus

Hebat, 3 Mahasiswa UNS Raih Juara I Kompetisi Debat Nasional

Hebat, 3 Mahasiswa UNS Raih Juara I Kompetisi Debat Nasional
Mahasiswa UNS berkompetisi dalam debat nasional Antimicrobial Awarness Debate Contest and Webinar 2021 yang diselenggarakan secara online. Eduwara.com/Istimewa. Dok. Rizal Galih Pradana
Redaksi, Kampus30 November, 2021 23:29 WIB

Eduwara.com, SOLO—Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil menyabet Juara I dalam debat nasional Antimicrobial Awarness Debate Contest and Webinar 2021. Lomba yang diadakan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) itu dihelat pada Jumat-Minggu (19-21/11/2021).

Lomba yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Pekan Kesadaran Antimikroba Dunia tersebut diikuti oleh 16 Tim dari 14 universitas di Indonesia. Tim dari UNS terdiri dari Rizal Galih Pradana mahasiswa Program Studi (Prodi) Psikologi, Sekar Khoiri Nismara Prodi Teknik Sipil, dan Stevan Leonard Prodi Kedokteran.

"Alhamdulillah, Tim UNS meraih Juara I, dan saya sendiri mendapat penghargaan pembicara terbaik," ungkap Rizal Galih Pradana, Ketua Tim Debat UNS saat dihubungi Eduwara.com di sela-sela kesibukannya , Senin (29/11/2021).

Kompetisi tingkat nasional itu diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting. Dalam penyelenggaraannya Kementan bekerja sama dengan Food and Agriculture Organization (FAO) Indonesia, Center for Indonesian Medical Student Activities (CIMSA) Indonesia, dan World Health Organization (WHO).

Tiga mahasiswa UNS, Rizal Galih Pradana (kiri) mahasiswa Prodi Psikologi, Sekar Khoiri Nismara (kanan) Prodi Teknik Sipil, dan Stevan Leonard Prodi (tengah) Kedokteran, meraih Juara I debat nasional Antimicrobial Awarness Debate Contest and Webinar 2021. Eduwara.com/Istimewa. Dok. Rizal Galih Pradana

 

Rizal menjelaskan, dalam ajang itu timnya tidak sempat berlatih secara intens. Hal tersebut dikarenakan ketiganya memiliki kesibukan masing-masing hingga sulit menyatukan jadwal.

"Kami justru baru latihan waktu mau masuk ke grand final. Itu satu-satunya latihan untuk ajang debat tersebut. Walau demikian, kami tetap saling percaya satu sama lain," tutur Rizal.

Empat Kali Juara

Dalam perhelatan itu terdapat beberapa babak. Pertama babak penyisihan, selanjutnya babak seminal, dan terakhir grand final. Di babak grand final, UNS bertemu Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai penantangnya.

"Alhamdulillah tidak ada kendala dalam pelaksanaannya. Hanya saja, waktu itu sebenarnya saya dalam keadaan kurang fit. Tapi syukur bisa dilalui," ujar Rizal, mahasiswa Semester VII itu.

Perlu diketahui, di tahun ini Rizal dan timnya sudah mengikuti kompetisi debat nasional empat kali. Semuanya mendapatkan juara. Pertama, Lomba Debat Pendidikan Nasional pada 31 Juli-1 Agustus 2021 meraih Juara II. Kedua, Lomba Debat Mahasiswa Antar Mahasiswa Se-Indonesia pada (18-20/10/2021), mendapatkan Juara III. Terakhir, Rizal dan timnya mengikuti lomba National Youth Economic Debate Competition pada (25-27/11/2021), dan menyabet Juara I. (M Diky Praditia) 

Editor: Riyanta

Read Next