logo

Idea

Balai Bahasa Provinsi Jateng Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu, Berbagai Lomba Siswa Disajikan

Balai Bahasa Provinsi Jateng Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu, Berbagai Lomba Siswa Disajikan
Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu di Hotel Lorin, Karanganyar, Jumat-Senin (19-22/11/2021). Eduwara.com/Dok. Balai Bahasa Jawa Tengah
Redaksi, Idea20 November, 2021 07:52 WIB

Eduwara.com, SOLO—Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu di Hotel Lorin, Karanganyar, pada 19-22 November 2021. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk lomba-lomba untuk siswa tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) se-Jawa Tengah.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ganjar Harimansyah, dalam siaran pers yang diterima Eduwara.com, Sabtu (20/11/2021), mengatakan bahwa semakin berkurangnya minat generasi muda untuk mempelajari dan mengembangkan bahasa dan budaya Jawa menjadi keprihatinan tersendiri. Padahal di tangan generasi muda inilah nasib budaya Jawa ini ke depan akan ditentukan. 

“Oleh karena itu, Balai bahasa menyelenggarakan kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu sebagai upaya memberikan wadah bagi generasi muda dalam melestarikan bahasa dan sastra Jawa. Harapannya generasi muda dapat lebih minat mempelajari dan mengembangkan bahasa dan budaya Jawa,” kata Ganjar.

Sementara itu, dalam Festival Tunas Bahasa Ibu terdapat berbagai lomba bagi siswa SD dan SMP tingkat Jawa Tengah, antara lain, lomba baca puisi Jawa (gurit), menulis gurit, pidato, mendongeng, membaca aksara Jawa, serta menulis aksara Jawa. Para peserta lomba adalah yang terbaik di kabupaten/kota yang dikirim ke tingkat provinsi Jawa Tengah. Akan dipilih para pemenang yang berhak atas piala dan uang pembinaan dari juara I, II, dan III serta juara harapan I, II, dan III.

Bahasa dan Sastra Jawa

Melalui festival ini diharapkan para peserta dapat menjadi lebih bersemangat, kreatif, dan inovatif dalam nguri-nguri bahasa dan sastra Jawa. Sehingga, generasi muda dapat menjunjung tinggi lagi budaya-budaya Jawa.

Festival Tunas Bahasa Ibu itu dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. Endang Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. Acara pembukaan juga diisi dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dengan Universitas Veteran Bangun Nusantara, Universitas Muhammadiyah Semarang, dan Universitas Peradaban. 

Selain itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan untuk sekolah-sekolah di Jawa Tengah yang berhasil meraih Apresiasi GIAT UKBI. Untuk mengisi acara, ditampilkan pemenang lomba musikalisasi puisi tingkat Jawa Tengah, yaitu tim musikalisasi puisi dari SMAN 4 Surakarta. Penyelenggaraan festival tersebut juga dibantu oleh tim duta bahasa Jawa Tengah.

Editor: Riyanta

Read Next