logo

Vokasi

UNY dan INKA Jajaki Kerja Sama Program Kampus Merdeka

UNY dan INKA Jajaki Kerja Sama Program Kampus Merdeka
UNY dan PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun menjajaki kerja sama link and match antara perguruan tinggi dengan dunia industri untuk mendukung pelaksanaan 'Merdeka Belajar Kampus Merdeka' (MBKM). (EDUWARA/Setyono)
Setyono, Vokasi31 Mei, 2022 21:30 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun menjajaki kerja sama link and match antara perguruan tinggi dengan dunia industri untuk mendukung pelaksanaan 'Merdeka Belajar Kampus Merdeka' (MBKM).

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Selasa (31/5/2022), kedua belah pihak sepakat kolaborasi berbasis heksahelix antara akademisi perguruan tinggi, dunia industri, pemerintah pusat dan daerah, dunia kerja, dan media massa menjadi tulang punggung tujuan perguruan tinggi.

"Karena itulah kami, UNY, terus memupuk kolaborasi secara terus menerus antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dunia industry (DUDI)," kata Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Margana.

Dengan tiga jenis pendidikan yang dilaksanakan oleh UNY yaitu vokasi, profesi dan pendidikan akademik maka kerja sama UNY dengan dunia usaha maupun dunia industry (DUDI) akan mendorong Pendidikan Vokasi UNY, melalui 14 program studi (prodi), untuk berperan aktif.

Selain itu, UNY juga memberi kesempatan pada 61 program studi pendidikan akademik di mana 34 prodi di antaranya adalah non-kependidikan turut serta dalam Kerjasama ini.

"Ini senada dengan kebijakan Mendikbud Ristek tentang 'Merdeka Belajar Kampus Merdeka'. Kami juga merancang program magang selama enam bulan yang match dengan keinginan PT INKA, yaitu program magang, khususnya S1 sarjana terapan," terangnya.

Tidak hanya itu, UNY juga mendorong mahasiswa yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan, Praktik Industri dan magang selama satu semester, bahkan untuk prodi vokasi KKN belajar di industri. Sehingga para mahasiswa mengenal ekosistem kerja sehingga saat mereka lulus tidak ada keraguan untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab keahlian yang dimiliki.

Senior Manager Pengembangan Perusahaan PT. INKA Muhammad Arthur Akbar, kerja sama ini sebagai upaya memenuhi dan meningkatkan kompetensi sumber daya perusahaan.

"Perguruan tinggi sebagai tempat mengasah dan menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia memiliki peran penting untuk membentuk tenaga kerja yang mampu menjawab kebutuhan dan tuntutan dunia industri" katanya.

Peningkatan sumber daya ini sebagai upaya menjawab perubahan sosial, budaya, dan kemajuan teknologi. Penguatan kompetensi menjadi jawaban tuntutan adanya link and match antara perguruan tinggi dan dunia kerja.

Read Next