logo

Kampus

Jalur Mandiri Unpad Sudah Dibuka, Simak Mekanisme Pendaftaran dan Tesnya!

Jalur Mandiri Unpad Sudah Dibuka, Simak Mekanisme Pendaftaran dan Tesnya!
Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad)
Bunga NurSY, Kampus07 Maret, 2022 09:27 WIB

Eduwara.com, BANDUNG— Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran atau jalur mandiri telah dibuka dan berakhir pada 27 Juni 2022. Calon mahasiswa lulusan 2020 dan 2021 diperkenankan untuk mendaftar.

Ketua Panitia SMUP Anas menjelaskan, kuota penerimaan Sarjana Jalur Mandiri Unpad adalah sebesar 40 – 50 persen dari total daya tampung keseluruhan. Seleksi Sarjana Jalur Mandiri Unpad terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia lulusan SMA, Madrasah, SMK, atau sederajat dengan tahun kelulusan dari 2020, 2021, dan 2022.

“Untuk lulusan 2020, 2021, dan 2022 silakan bisa mendaftar. Seleksinya nanti dilakukan setelah pengumuman SBMPTN [Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri],” ujar Anas seperti dikutip dari situs resmi Unpad, Sabtu (05/03/2022).

Ada dua skema seleksi Sarjana Jalur Mandiri Unpad. Skema pertama menggunakan nilai ujian tulis berbasis computer [UTBK] 2022, sedangkan skema kedua menggunakan nilai SMUP. Setiap pendaftar hanya dapat memilih satu skema seleksi.

Khusus untuk skema UTBK dapat diikuti oleh pendaftar lulusan 2020, 2021, dan 2022. Khusus bagi pendaftar lulusan tahun 2020 dan 2021 yang akan mendaftar lewat skema ini wajib untuk mendaftar dan mengikuti UTBK SBMPTN 2022.

Sementara skema SMUP dapat diikuti oleh lulusan tahun 2020 hingga 2022. “Pendaftar diwajibkan pilih satu. Satu PIN hanya untuk satu skema. Jika pendaftar mau pilih dua skema, terpaksa harus mendaftar dua kali,” imbuhnya.

Penentuan seleksi pada skema ini murni didasarkan pada hasil UTBK. Selain itu, pendaftar di skema UTBK hanya bisa memilih program studi yang sesuai dengan rumpun/kelompok ujian yang dipilih. Sebagai contoh, ketika peserta mengikuti UTBK kelompok saintek, maka yang bersangkutan hanya dapat memilih program studi di kelompok saintek.

Sementara itu, untuk skema SMUP, ujian menggunakan materi Tes Kompetensi Akademik. Pada skema ini, peserta dapat memilih program studi lintas jurusan. Penyelenggaraan ujian seluruhnya bersifat daring, atau tidak usah datang ke kampus Unpad.

Anas mengatakan, pendaftaran SMUP Sarjana Terapan juga terbuka bagi WNI lulusan SMA/MA/SMK hingga lulusan Paket C angkatan tahun 2020, 2021, dan 2022. Berbeda dengan SMUP Sarjana Jalur Mandiri, seleksi Sarjana Terapan hanya ada satu skema ujian, yaitu menggunakan hasil tes SMUP.

“Untuk Sarjana Terapan tidak ada skema nilai UTBK seperti Jalur Mandiri, semuanya kita lakukan tes mandiri,” kata Anas.

Secara umum, persyaratan dan mekanisme SMUP Sarjana Jalur Mandiri dan Sarjana Terapan Unpad hampir sama dengan tahun sebelumnya. Pendaftaran seleksi Sarjana Jalur Mandiri Unpad juga terbuka bagi peserta Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).

Anas mengingatkan, peserta wajib memperhatikan linimasa seleksi, salah satunya batas akhir pendaftaran SMUP.

Selain itu, peserta juga wajib menyesuaikan perangkat komputer/laptop yang akan dipakai saat ujian. Persyaratan perangkat yang diperlukan dapat dilihat pada tautan berikut.

“Kemudian perhatikan juga jadwal simulasi ujian daring untuk skema SMUP. Karena ini kita lakukan tes online, akan ada simulasi yang wajib diikuti peserta agar saat nanti ujian bisa lancar (mengerjakannya),” kata Anas.

Read Next