logo

Kampus

Jasmine Wakili UMBY dalam Konferensi BK Internasional

Jasmine Wakili UMBY dalam Konferensi BK Internasional
Jasmine Mumtaz Az-Zahra menjadi wakil UMBY dalam konferensi bimbingan dan konseling internasional yang diselenggarakan pekan lalu. Jasmine mempromosikan pentingnya dukungan lingkungan sosial dalam perkembangan remaja. (EDUWARA/Dok. UMBY)
Setyono, Kampus21 Oktober, 2022 01:20 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Mahasiswa Program Studi (prodi) Bimbingan dan Konseling (BK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jasmine Mumtaz Az-Zahra menjadi wakil Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dalam konferensi internasional.

Berlangsung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Konferensi BK Internasional ini mengangkat tajuk 'Delivering Transpersonal Guidance and Counseling in School'. Konferensi berlangsung pada Sabtu akhir pekan lalu.

Jasmine tercatat sebagai mahasiswa semester lima program studi Bimbingan dan Konseling UMBY.

"Konferensi Internasional yang saya ikuti ini menghadirkan pemateri maupun peserta dari dalam dan luar negeri seperti Malaysia, Amerika Serikat, Inggris, Brunei Darussalam, serta Indonesia, dengan jumlah peserta 200 orang," kata Jasmine, Kamis (20/10/2022).

Pemateri dalam kegiatan di antaranya pakar spiritualitas dan meditasi Robert Frager, kemudian pakar terapi psikosintesis Oluwafemi Esan, serta pakar mindfulness Rusli Bujang.

Dalam konferensi, Jasmine mengaku akan mempromosikan pentingnya dukungan dari lingkungan sosial dalam mendukung pencapaian tugas perkembangan remaja.

"Dukungan yang dimaksud yaitu meliputi dukungan dari lingkungan terkecil yakni keluarga, teman sebaya, maupun dari sekolah. Tidak hanya menjadi presenter dalam konferensi, Jasmine juga turut aktif dalam diskusi yang terselenggara melalui forum paralel," jelasnya.

Pasca keikutsertaannya dalam konferensi internasional, Jasmine mengaku senang dapat turut berkontribusi menyampaikan ide dan gagasannya dalam forum bergengsi tersebut. Ia berharap dapat mengembangkan diri lebih aktif, baik dalam kegiatan internal kampus maupun di forum internasional.

Ketua Program Studi (Kaprodi) BK UMBY, Luky Kurniawan berbangga atas partisipasi Jasmine. Ia berharap penguatan akademik mahasiswa tidak hanya melalui forum dalam kelas, tetapi mahasiswa dapat memanfaatkan berbagai peluang dan forum untuk mendukung ketercapaian pengalaman belajar mahasiswa. 

Read Next