logo

Kampus

Jelang Akhir Tahun, UNS Solo Tambah Empat Guru Besar Baru

Jelang Akhir Tahun, UNS Solo Tambah Empat Guru Besar Baru
Empat Guru Besar baru UNS Solo, dari kiri ke kanan: Sochartono, Eko Surojo, Lego Karjoko, dan Triana Kusumaningsih. (EDUWARA/K. Setia Widodo)
Redaksi, Kampus06 Desember, 2022 02:01 WIB

Eduwara.com, SOLO – Menjelang akhir tahun 2022, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menambah empat guru besar baru. Keempat guru besar tersebut yaitu Sochartono dan Lego Karjoko dari Fakultas Hukum (FH), Eko Surojo dari Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT), serta Triana Kusumaningsih dari Prodi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Sekretaris Senat Akademik UNS, Ari Handono Ramelan mengatakan, keempat Guru Besar tersebut akan dikukuhkan oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho pada Selasa (6/12/2022) di Auditorium GPH Haryo Mataram.

"Semoga dengan bertambahnya empat Guru Besar baru ini dapat memberikan kontribusi yang luar biasa untuk UNS, masyarakat, bangsa dan negara," harap Ari Handono Ramelan dalam Konferensi Pers di Ruang Sidang 2 Gedung dr Prakosa UNS, Senin (5/12/2022).

Sochartono, sambung dia, merupakan guru besar ke-8 pada FH dan ke-251 UNS. Nantinya, dia akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Acara dengan pidato pengukuhan berjudul ‘Penegakkan Hukum Berbasis Paradigma Hukum Profetik untuk Mewujudkan Keadilan Substansial’.

"Prof Eko Surojo merupakan guru besar ke-21 pada FT dan ke-252 UNS. Beliau akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Mesin dengan pidato pengukuhan berjudul ‘Prospek Rekayasa Bahan Rem Ramah Lingkungan Berpenguat Serat Cantula’," ujar dia.

Lego Karjoko merupakan guru besar ke-9 pada FH dan ke-253 UNS. Dia akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Hukum Agraria dengan pidato pengukuhan berjudul ‘Perkembangan Tafsir Hak Menguasai Negara dari Reforma Agraria Menuju Corporate Social Responsibility serta Implikasinya Terhadap Konflik Perkebunan’.

Sedangkan, Triana Kusumaningsih merupakan guru besar ke-24 pada FMIPA dan ke- 254 UNS dan akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Organik.

"Nantinya dalam pengukuhan, beliau akan menyampaikan pidato pengukuhan berjudul Derivatisasi Floroglusinol dari Genus Callophyllum dan Investigasinya sebagai Antikanker," terang dia. (K. Setia Widodo)

Read Next