logo

Kampus

Kado Manis Dies Natalis, UI Tempati Posisi Teratas di Indonesia versi Webometrics

Kado Manis Dies Natalis, UI Tempati Posisi Teratas di Indonesia versi Webometrics
Area kampus Universitas Indonesia yang berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat (EDUWARA/Humas UI)
Bhakti Hariani, Kampus03 Februari, 2022 02:32 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Universitas Indonesia (UI) mendapat kado manis di perayaan Dies Natalis ke-72, Webometrics Ranking of World Universities menempatkan UI di posisi satu di Indonesia dan menempati posisi 649 di dunia. Pada Juli 2021, UI menempati peringkat 729 se-dunia, dan peringkat 9 se-Asia Tenggara. 

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia menuturkan, UI adalah satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam peringkat sepuluh besar di Asia Tenggara. 

Pada edisi Januari 2022, selain tetap berada pada posisi teratas di Indonesia, UI mencapai peningkatan yang luar biasa dengan menempati peringkat 649 se-dunia yang artinya UI berhasil melesat sebesar 80 peringkat apabila dibandingkan dengan tahun lalu. 

“UI juga berhasil mempertahankan posisinya pada peringkat ke-9 se-Asia Tenggara,” ujar Amelita dalam siaran pers yang diterima redaksi Eduwara.com, Rabu (2/2/2022).

Lebih lanjut dikatakan Amelita, jika ditinjau lebih rinci pada setiap indikator, pada Impact Rank UI naik 77 peringkat menjadi 359 di dunia, pada indikator Openness Rank UI tetap berada pada peringkat ke-761 dunia, dan pada indikator Excellence Rank UI naik 73 peringkat menjadi 1177 dunia.

Pencapaian pada awal tahun 2022 tersebut dikatakan Amelita, dapat diraih berkat keberhasilan UI memenuhi persyaratan penilaian Webometrics berdasarkan tiga indikator. Pertama, visibility atau web contents impact (dengan bobot 50 persen) merupakan jumlah jaringan eksternal (subnets) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum).

Kedua, transparency atau openness (dengan bobot 10 persen) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar Profiles. Ketiga, excellence atau scholar (dengan bobot 40 persen) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah di antara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu dengan sumber dari Scimago.

Pemeringkatan Webometrics dilakukan oleh Cybermetric Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol, terhadap lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di dunia. 

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya. Pengumuman Webometrics Ranking of World Universities dapat diakses pada laman: www.webometrics.info.

Read Next