logo

Kampus

Kampanyekan Ramah Lingkungan, UMM Sediakan Mobil Golf di Kampus

Kampanyekan Ramah Lingkungan, UMM Sediakan Mobil Golf di Kampus
Mobil golf bertenaga listrik yang beroperasi di kampus III UMM. (UMM)
Fathul Muin, Kampus01 Desember, 2021 10:00 WIB

Eduwara.com, MALANG—Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyediakan fasilitas mobil golf bertenaga listrik sebagai sarana transportasi umum untuk memudahkan mobilitas para sivitas akademika serta mengampanyekan gaya hidup ramah lingkungan.

Kepala Urusan Transportasi dan Kendaraan UMM Karianto mengatakan fasilitas ini sudah bisa dinikmati oleh mahasiswa, pegawai, dosen bahkan juga tamu sejak Selasa (16/11/2021) lalu.

"Pengadaan ini tidak lepas dari adanya berbagai fakultas dan laboratorium yang dimiliki oleh UMM," katanya, Selasa (30/11/2021). 

Meski demikian, kata dia, transportasi ini baru bisa dinikmati di kampus III UMM yang berlokasi di Jalan Raya Tlogomas No.246 Malang.  UMM memiliki lima unit mobil golf yang siap sedia beroperasi. Tiga unit dapat menampung empat penumpang, sementara dua unit lainnya mampu menampung enam penumpang. 

“Jika digunakan semua sekaligus, akan mampu menampung 24 penumpang sekali jalan. Kami beroperasi setiap hari senin sampai jumat selama dua sesi yaitu, jam 09.00 -11.00 dan jam 13.00-15.00," ucapnya.

Untuk saat ini, dia menambahkan, timnya hanya meluncurkan tiga unit tiap sesi agar mobil-mobil itu dapat digunakan secara bergantian. Di samping itu, pihaknya juga berjaga-jaga jika ada kendala atau kehabisan baterai.

Kepala Biro Administrasi Keuangan, Kepegawaian, dan Umum (BKKU) Ahmad Juanda menuturkan pada awalnya pembelian mobil ini ditujukan untuk kendaraan tamu VIP maupun rombongan dosen saat wisuda. Namun, sekarang fungsinya ditambah sebagai transportasi umum yang menghubungkan titik satu dengan titik lain yang ada di Kampus Putih UMM. 

"Penggunaan mobil golf sebagai transportasi umum ini diharapkan dapat membantu aktivitas para sivitas akademika saat cuaca tak mendukung seperti sekarang. Selain dapat menjaga dari sinar matahari, transportasi ini juga dilengkapi dengan enclosure yang dapat melindungi penumpang dari hujan," ungkap dosen Program Studi Akuntansi tersebut.

Selain itu, kata dia, penggunaan mobil golf sebagai transportasi umum ini berguna untuk menyongsong era energy baru dan terbarukan (EBT). Dia berharap area kampus akan semakin ramah lingkungan dengan berkurangnya polusi di dalam kampus. Hal ini selaras dengan visi misi kampus UMM, yakni green and clean kampus.

"Kami berharap masyarakat, terutama civitas UMM semakin akrab dengan transportasi listrik. Selain itu, besar harapan kami bahwa kedepannya mahasiswa UMM mampu merancang serta menciptakan mobil-mobil dengan menggunakan EBT seperti mobil golf ini," ujarnya.

Read Next