logo

Kampus

Kartu Cleo Mempermudah Siswa Belajar Kimia

Kartu Cleo Mempermudah Siswa Belajar Kimia
Kartu 'Cleo, Chemical Learning with Uno Card untuk mempermudah belajar kimia. (EDUWARA/Dok. UGM)
Setyono, Kampus31 Agustus, 2022 23:11 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Paham akan sulitnya pembelajaran kimia oleh siswa sekolah menengah pertama dan atas, sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) lintas fakultas berkolaborasi menghadirkan kartu 'Cleo', Chemical Learning with Uno Card untuk mempermudah belajar kimia.

Tim yang beranggotakan Rindi Eliza Arta dan Mandrea Nora dari Fakultas Kimia, Ryan Kusnadi (Teknologi Informasi), Tari Hardiani Safitri (Teknik Industri), serta Iqbal Wahdan Salsabil (Ilmu dan Industri Peternakan) mendasarkan inovasinya atas keluhan adik-adik siswa di bawahnya.

"Untuk mempelajari dan memahami pelajaran kimia, siswa di SMP dan SMA diharuskan memiliki penguasaan terhadap konsep dasar dalam ilmu kimia. Salah satu landasan pokok kimia yang harus dikuasai adalah Sistem Periodik Unsur (SPU)," kata Rindi Eliza Arta, Rabu (31/8/2022).

Karena SPU jumlahnya cukup banyak, yakni 118 unsur, membuat sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam memahami materi SPU di sekolah. Latar belakang inilah yang membuat lima mahasiswa di bawah bimbingan dosen Niko Prasetyo membuat inovasi permainan edukatif nama Cleo. Ini adalah permainan kartu yang mengadopsi permainan kartu uno.

"Cleo dirancang penuh dengan animasi berwarna dan memiliki aturan bermain yang menyenangkan agar mampu tercipta permainan yang menyenangkan dalam belajar ilmu kimia," papar Rindi.

Selain desainnya yang menarik, inovasi Cleo juga terintegrasi oleh teknologi Augmented Reality (AR) dan juga dilengkapi dengan Voice Over (VO) sebagai penunjang.

Teknologi AR menampilkan informasi tambahan mengenai unsur yang bersangkutan apabila dilakukan scanning pada kartu menggunakan aplikasi yang telah disiapkan.

Dalam permainannya, saat kartu Cleo di-scan nantinya akan mengeluarkan suara yang menjelaskan fakta menarik mengenai setiap unsur yang didapat.

"Adanya voice over tersebut, Cleo juga dapat dinikmati oleh semua kalangan termasuk yang memiliki keterbatasan sekalipun," tambah Iqbal, anggota tim lainnya.

Menurut Iqbal, inovasi katu Cleo ini diharapkan tidak hanya sebagai ajang hiburan semata namun juga menjadi permainan dan dapat menjadi jalan pintas bagi para siswa dalam belajar kimia.

Permainan kartu Cleo ini, lanjut Iqbal, masih akan terus dikembangkan dalam penyempurnaan sistem dan mengikuti kebutuhan pasar.

Read Next