logo

Kampus

Kirim 8 Tim, UGM Raih Satu Medali Emas dan Tiga Medali Perak di KMI Expo XIII

Kirim 8 Tim, UGM Raih Satu Medali Emas dan Tiga Medali Perak di KMI Expo XIII
Tim mahasiswa UGM yang berlaga pada ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII Tahun 2022. Dalam kompetisi yang berlangsung di Universitas Perjuangan Nasional "Veteran" Surabaya, Jawa Timur pada 22-25 November 2022, tim UGM berhasil membawa pulang, satu medali emas dan tiga medali perak. (EDUWARA/Dok. UGM)
Setyono, Kampus30 November, 2022 21:33 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Empat dari delapan tim yang dikirim Universitas Gadjah Mada (UGM) ke ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII Tahun 2022 berhasil mendulang medali. Empat tim tersebut berhasil membawa pulang, satu medali emas dan tiga medali perak.

Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan UGM Hempri Suyatna, mengatakan pada ajang KMI ke XIII yang berlangsung di Universitas Perjuangan Nasional "Veteran" Surabaya, Jawa Timur pada 22-25 November 2022, UGM mengirimkan delapan tim kewirausahaan untuk mengikuti tiga kategori kompetisi, yaitu Pameran Usaha, KMI Award dan Lomba Pendamping. 

“Kedelapan tim ini ini terdiri Ezparenting, LesQ, Magood, BanachipsYummy, Passion Bubble, Sailcoo, Beprofession, dan Growlist," kata Hempri, Rabu (30/11/2022).

Pada akhir kompetisi, Tim Ezparenting UGM berhasil membawa medali emas lewat Inovasi Aplikasi Parenting.

Tim dari Fakultas Psikologi UGM ini mengembangkan aplikasi parenting untuk para orang tua agar bisa memantau emosi anak-anak, serta memberikan informasi, arahan, serta layanan konseling kepada orang tua selama masa pengasuhan terhadap anak-anak.

"Ide pembuatan aplikasi parenting kami aplikasikan setelah melihat fenomena baby blues yang dialami oleh banyak orang tua ketika berhadapan dengan perilaku dan emosi anak yang belum stabil," kata pendiri Tim Ezparenting, Hanifah, Rabu (30/11/2022).

Peningkatan Skill

Selain medali emas, tim UGM meraih juara 2 melalui start up Beprofesion yang berfokus pada penyedia layanan sertifikasi untuk berbagai kebutuhan seperti peningkatan skill

Kemudian, juara 2 lainnya diraih pada kategori Makanan dan Minuman, yaitu usaha Banachips. Tim ini mengembangkan usaha keripik pisang kekinian dengan berbagai varian rasa seperti coklat, matcha, balado, dan keju.

"Kripik ini tidak hanya memberdayakan potensi daerah penghasil buah pisang, namun juga berupaya untuk terus berinovasi agar usahanya dapat sustain serta memberikan impact ke masyarakat sekitar," kata Hempri.

Pada kategori Jasa dan Perdagangan, tim Passion Bubble yang bergerak dalam penyediaan jasa informasi berbagai event lomba, penyelenggaraan webinar dari berbagai narasumber berpengalaman juga meraih juara kedua.

"Tim wirausaha ini bertujuan meningkatkan berbagai macam skill mahasiswa dengan cara pengadaan kelas online, serta berbagi informasi dari para mahasiswa yang aktif di berbagai kegiatan baik di level nasional dan internasional," jelasnya.

Ajang KMI Expo XIII 2022 diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) diikuti lebih dari 3.000 wirausahawan mahasiswa yang berasal dari 351 perguruan tinggi.

Read Next