logo

Sains

Kopi atau Teh, Mana Lebih Baik? Ini Kata Ahli Gizi RSUI

Kopi atau Teh, Mana Lebih Baik? Ini Kata Ahli Gizi RSUI
Ilustrasi Kopi dan Teh (Islampos)
Bhakti Hariani, Sains25 Februari, 2022 19:03 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Kopi dan teh menjadi minuman yang dikonsumsi banyak orang. Kedua minuman ini sama-sama mengandung kafein yang bisa memberikan efek menenangkan dan membahagiakan. Namun demikian, konsumsi kafein wajib diperhatikan agar tak berlebihan di dalam tubuh.

Ahli Gizi di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Dinar Farrasia Hafizhah memaparkan, kafein merupakan zat stimulan alami yang membantu diri lebih terjaga, meningkatkan performa fisik, serta mencegah timbulnya rasa lelah. Kafein juga dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan wajar. 

“Asupan harian kafein yang aman yakni 400 mg per hari atau empat cangkir per hari. Kandungan kafein dalam kopi atau teh dapat bervariasi tergantung jenis biji kopi/jenis teh, metode penyeduhan, dan penyajiannya,” papar Dinar dalam siaran pers yang dikirimkan Humas RSUI kepada Eduwara.com, Jumat (25/2/2022).

Menurut Dinar, setiap sajian masing-masing minuman tersebut biasanya masih mengandung kafein di bawah 400 mg. Setiap 240 ml kopi (satu cangkir) rata-rata mengandung 95 mg kafein. Sementara itu, dalam volume yang sama, teh hitam mengandung 47 mg kafein. Begitu pula dengan kandungan kafein dalam teh hijau yang bisa berkisar 20–45 mg untuk sajian yang sama.

Lebih lanjut, Dinar menjelaskan bahwa dari segi kadar kafein, kopi yang sudah diseduh cenderung lebih tinggi dibandingkan seduhan teh hitam maupun teh hijau. Walau kopi atau teh memiliki kadar kafein yang berbeda, dua minuman populer ini sama-sama tinggi dengan zat antioksidan. 

Antioksidan dapat menangkal efek radikal bebas yang berisiko merusak sel dan memicu penyakit kronis. Kopi dan teh sama-sama mengandung zat-zat antioksidan golongan polifenol. Teh hitam memiliki polifenol seperti teaflavin, tearubigin, dan katekin

Sementara itu, kopi kaya dengan asam klorogenat dan flavonoid. Karena keduanya kaya dengan zat antioksidan, kopi atau teh sama menjadi minuman yang menyehatkan asal dikonsumsi dengan sewajarnya.

Dinar juga mengingatkan bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi serta merupakan stimulan. “Karena mengandung kafein tinggi, maka jika Anda sensitif atau tidak terbiasa konsumsi kopi, Anda akan merasa gelisah ataupun cemas saat mengkonsumsi kopi,” ujar Dinar. 

Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi juga sebaiknya membatasi asupan kafein karena dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Selain kafein, kopi dan teh juga mengandung zat tanin yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi kopi dan teh mengingat pada kondisi hamil sangat membutuhkan zat besi untuk perkembangan janin. 

Pilih Mana

Berkaitan dengan tema yang diangkat, Dinar mengatakan bahwa memilih kopi atau teh akan kembali pada selera masing-masing. Jika ingin mencari asupan energi instan, maka kopi dapat menjadi pilihan. Namun, bila terlalu sensitif terhadap efek kafein, teh merupakan opsi yang lebih baik. 

Seduhan teh umumnya mengandung kafein yang lebih rendah, tapi menawarkan efek menenangkan dari l-theanine. Satu pertimbangan lainnya yakni efek kafein yang memicu kecanduan. 

Asupan kopi yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping lain bagi tubuh, termasuk mengganggu siklus tidur. Selama tidak membuat kopi atau teh dengan campuran gula atau krim, kedua minuman tersebut dapat menjadi sumber nutrisi dan antioksidan yang baik untuk pencegahan penyakit.

“Jadi, jawaban dari pertanyaan manakah yang lebih baik, kopi atau teh adalah benar-benar tergantung pada diri kita masing-masing. Selama tidak sensitif terhadap kafein dan tidak menderita sakit maag, kita dapat mengonsumsi kopi ataupun teh. Bagi yang sudah ketagihan kopi atau teh, tetap mengimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup,” papar Dinar. 

Read Next