logo

Gagasan

Kwarcab Karanganyar Selenggarakan Bimtek tentang Aplikasi ‘temanpramuka’

02 Juni, 2024 20:49 WIB
Kwarcab Karanganyar Selenggarakan Bimtek tentang Aplikasi ‘temanpramuka’
Bidang Organisasi dan Hukum Kwarcab Karanganyar, Jawa Tengah menyelenggarakan Bimtek bagi 51 utusan yang mewakili 17 Kwarran, di Aula Merpati Kantor BKD Kabupaten Karanganyar, Sabtu (1/6/2024). Bimtek tentang Peningkatan Pengelolaan Administrasi Kwartir, khususnya pengelolaan administrasi dan pengimplementasian data Kwarran di aplikasi temanpramuka ini diselenggarakan untuk menyambut Lomba Kwartir pada 2025. (EDUWARA/Dok. Kwarcab Karanganyar)

Eduwara.com, SOLO – Menyambut Lomba Kwartir pada 2025, Bidang Organisasi dan Hukum Kwartir Cabang (Kwarcab) Karanganyar, Jawa Tengah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada 51 utusan mewakili 17 Kwartir Ranting (Kwarran), Sabtu (1/6/2024).

Bertempat di Aula Merpati Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Karanganyar, Bimtek ini fokus pada Peningkatan Pengelolaan Administrasi Kwartir, khususnya pengelolaan administrasi dan pengimplementasian data Kwarran di aplikasi temanpramuka.

Kurniadi Maulato, Ketua Kwarcab Karanganyar, menyampaikan pengelolaan administrasi kwartir itu penting dan untuk mewujudkannya diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan handal.

“Era digitalisasi harus kita terima sebagai suatu kebutuhan untuk mengintegrasikan data 17 Kwarran hingga gugus depan (Gudep). Untuk mengintegrasikan data perlu diwujudkan dengan kita punya ilmu administrasi,” terangnya.

Dihadiri langsung Wakil Ketua Bidang, Sekretaris Kwarcab serta narasumber dari Kesekretariatan Kwarcab Karanganyar, Kurniadi Maulato menyerahkan bantuan fasilitasi kegiatan Kwarran, dan masing-masing Kwarran mendapatkan Rp 2,5 juta.

Kegiatan Peningkatan Pengelolaan Administrasi Kwartir diikuti 51 peserta utusan dari 17 Kwarran dan masing-masing Kwarran mengirimkan tiga perwakilan, yaitu Ketua, Sekretaris Kwarran dan satu orang admin aplikasi temanpramuka.

Materi yang disampaikan meliputi konsep dan prinsip pengelolaan administrasi, struktur dan fungsi organisasi Gerakan Pramuka. Materi tentang pengelolaan administrasi meliputi keanggotaan, persuratan dan kegiatan, pembaharuan nomor gugus depan serta tutorial pengimplementasian data kwarran di aplikasi temanpramuka.

Tertib Administrasi

Panitia pelaksana, Haryanto, mengatakan Bimtek bertujuan menertibkan administrasi kwartir ranting serta untuk mengintegrasikan semua data potensi dari gugus depan, salah satunya data pembina di gugus depan agar masuk di aplikasi temanpramuka sehingga semua data pramuka se-Kabupaten Karanganyar masuk ke sistem.

"Kami siapkan peningkatan pengelolaan administrasi kwartir ini salah satunya membekali teman-teman pengurus Kwarran dalam Lomba Kwartir Ranting tahun 2025 mendatang," imbuhnya.

Salah satu peserta, Agus Siswanto yang juga Ketua Kwarran Tasikmadu, mengapresiasi kegiatan ini karena sangat bermanfaat guna meningkatkan kualitas pengelolaan Kwarran yang akan berimbas baik ke gugus depan.

“Kegiatan ini sangat bagus dan langkah awal yang tepat agar Kwarran berperan aktif bahkan berkontribusi terhadap Kwarcab Karanganyar dalam upaya mencapai semangat untuk giat, berprestasi dan gembira. Dengan demikian kita akan mencapai semboyan Karanganyar yang maju, kompetitif dan harmoni lewat kontribusi dari Kwarcab Karanganyar,” pungkasnya.

Read Next