logo

Kampus

Permudah Belajar Sains, Mahasiswa UNY Gagas Virtual Laboratorium untuk Siswa SMP

Permudah Belajar Sains, Mahasiswa UNY Gagas Virtual Laboratorium untuk Siswa SMP
Eduwara.com, JOGJA – Empat mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan IPA (MIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggagas virtual laboratorium. Media ini dihadirkan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMP. (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Kampus29 Mei, 2024 23:18 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Empat mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan IPA (MIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggagas virtual laboratorium. Media ini dihadirkan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMP.

Melalui praktikum dengan virtual laboratorium, Taufiq Bayu Nur Rahmat, Cahyaningrum Solehati, Saadah Vidaroini, dan Salwa Talitha Zabrina berharap materi yang disampaikan menjadi lebih menarik dan mudah diterima, karena peserta didik berkontribusi secara langsung.

Mewakili rekan-rekannya, Taufiq Bayu menerangkan virtual laboratorium ini berbasis Scratch fleksibel sehingga bisa digunakan di mana saja dan dapat diakses melalui smartphone atau laptop. Virtual laboratorium juga berfungsi mengatasi permasalahan keterbatasan alat praktikum.

“Pembelajaran dengan virtual laboratorium ini mempermudah proses belajar peserta didik pada materi listrik dinamis. Dalam proses pembelajaran Fisika, media pembelajaran membantu peserta didik dalam mempermudah pemahaman pokok bahasan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi,” katanya.

Dengan penjelasan materi-materi abstrak seperti pelajaran Fisika, maka pembelajaran menjadi lebih bermakna dengan memberikan pengalaman langsung lewat gejala yang sedang dipelajari.

Saadah Vidaroini menambahkan, pengembangan penelitian ini memakai 4D model yang mencakup empat tahapan yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebarluasan).

Inovasi teknologi digital memanfaatkan platform Scratch untuk mengintegrasikan konsep materi, virtual laboratorium, dan latihan soal menjadi suatu media pembelajaran listrik dinamis dengan visualisasi grafis yang menarik.

“Virtual laboratorium dikembangkan dengan konsep eksperimen maya yang memungkinkan peserta didik untuk melakukan eksplorasi langsung terhadap konsep listrik dinamis” katanya.

Karya ini berhasil lolos menjadi finalis dalam Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) tahun 2024 pada divisi Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan (IPDP).

Read Next