logo

Kampus

Mahasiswa PGSD Univet Sukoharjo adakan Trilogi Gelar Seni Budaya

Mahasiswa PGSD Univet Sukoharjo adakan Trilogi Gelar Seni Budaya
Kelompok empat semester VII Prodi PGSD Univet Bantara Sukoharjo sedang memainkan drama dalam acara Trilogi Seni Budaya, Sabtu (29/1/2022) di Selasar Gedung Pertunjukan Taman Balekambang, Solo. (Eduwara.com/K. Setia Widodo)
Redaksi, Kampus29 Januari, 2022 23:47 WIB

Eduwara.com, SOLO—Seratusan mahasiswa yang berasal dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menggelar Trilogi Gelar Seni Budaya, Sabtu-Minggu (29-30/1/2022) di Taman Balekambang, Solo.

Penanggung Jawab acara, Pardiyatmoko mengatakan pergelaran tersebut merupakan presentasi dari mata kuliah semester III, V, dan VII.

"Acara ini sebenarnya mata kuliah yang dipresentasikan dalam bentuk pertunjukan. Semester tiga yaitu mata kuliah media pembelajaran, semester lima yaitu drama dan tari, serta mata kuliah kebijakan pendidikan untuk semester tujuh," kata dia ketika diwawancarai Eduwara.com, Sabtu (29/1/2022) di sela-sela acara.

Dia menambahkan, acara seperti itu digelar berkala dan sudah memasuki tahun ke lima. Kegiatan itu bertujuan agar mahasiswa mengetahui secara langsung proses kreatif di lapangan.

Selain itu, mahasiswa yang nantinya menjadi tangan panjang pendidikan Indonesia bisa memberikan kompetensi masing-masing. Terkhusus kompetensi yang tidak hanya teoritik bagi siswa sekolah dasar.

Proses Kreatif

Menurut keterangan Pardiyatmoko, tiap kelas masing-masing semester diimbau membuat kelompok. Prodi dan Universitas hanya memfasilitasi dalam hal eksternal seperti gedung, dan sound system.

"Proses kreatif dipegang penuh oleh mahasiswa. Dosen hanya mendampingi dan saya sebagai penanggung jawab bertindak sebagai supervisor," tambah dia.

Pantauan Eduwara.com, mahasiswa semester III melaksanakan pameran media pembelajaran di selasar gedung kesenian Taman Balekambang. Sedangkan mahasiswa semester V dan VI melakukan pementasan drama di dalam gedung.

Pementasan drama untuk semester VII diberi waktu sekitar sepuluh menit. Saat Eduwara.com melihat drama, giliran kelompok empat semester VII yang bermain.

Kelompok enam semester III prodi PGSD Univet Bantara Sukoharjo sedang menjelaskan model pembelajaran pernapasan dalam acara Trilogi Seni Budaya, Sabtu (29/1/2022) di Selasar Gedung Pertunjukan Taman Balekambang, Solo. (Eduwara.com/K. Setia Widodo)

 

Salah seorang pemain, Keumala Elma Sanova mengatakan judul drama yaitu The Secret Teacher Make Us Smart. Drama ini menceritakan guru sekolah dasar yang mengadakan ulangan Matematika.

"Dalam ulangan itu siswa masih banyak yang mencontek. Intinya kurang persiapan. Nah di situlah tugas guru memotivasi siswa untuk belajar. Jadi jika ada ulangan dadakan tidak kaget," jelas dia.

Lebih lanjut, Keumala menuturkan proses latihan dimulai sejak Desember tahun lalu. Proses latihan hingga pementasan diorganisasi secara mandiri oleh kelompoknya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa semester III, Lisa Nurjanah menjelaskan kelompoknya membuat media pembelajaran alat pernapasan.

"Kami dari kelompok enam membuat model sederhana pernapasan manusia. Pembuatan model hanya membutuhkan satu hari, karena dulu sudah pernah membuatnya dan memanfaatkan sumber belajar online," jelas dia yang bergabung di kelompok enam itu.

Lisa menambahkan, pemilihan model kelompoknya disesuaikan dengan silabus mata pelajaran IPA Kelas V SD. Nantinya model pembelajaran itu akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran saat PPL. (K. Setia Widodo)

Editor: Riyanta

Read Next