logo

Sekolah Kita

MAN 4 Bantul Raih Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

MAN 4 Bantul Raih Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional
MAN 4 Bantul Raih Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (MAN 4 Bantul)
Setyono, Sekolah Kita30 Agustus, 2022 15:44 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Tim dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta meraih prestasi tertinggi dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional di Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTelkom). Presentasi dari tim MAN 4 dinilai yang terbaik dari tujuh finalis lainnya.

Dalam rilis yang dikirimkan ke Eduwara.com, tim yang beranggotakan Avivah Dwi Apriani, Nailil Khilma dan Septiana Ramadhani, kesemuanya kelas XI. Mengikuti final LKTI Telkom di Surabaya pada 23 Agustus lalu.

"Kompetisi pembuatan karya tulis ilmiah di IT Telkom Surabaya dimulai dengan cara pengiriman abstrak ke panitia. Bagi peserta yang lolos administrasi dan mengirimkan abstrak berhak melaju ke babak full paper," kata Avivah mewakili rekan-rekannya, Selasa (30/8/2022).

Dengan karya tulis berjudul 'Korelasi Penggunaan Media Pembelajaran 3D Berbasis Augmented Reality Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Biologi'. Tim ini lolos penilaian juri dan berhak maju sebagai 15 tim terbaik ke babak semifinal.

Di semifinal, kesemua tim oleh panitia diadu untuk membuat poster penelitian dan dipresentasikan di depan para dewan juri secara online. Para semi finalis juga harus mengunggah poster mereka di Instagram dan mencari 'like' sebanyak-banyaknya guna memperoleh nilai maksimal.

"Kami berhasil lolos dalam delapan besar terbaik dan berkesempatan mempresentasikan langsung karya tulis kami di hadapan dewan juri di Surabaya. Babak final digelar di Gedung Perpustakaan IT Telkom," lanjut Avivah.

Di Surabaya, tim ini mendapatkan nomor urut keenam untuk mempresentasikan karya. Avivah mengatakan mereka percaya diri dan meyakini bahwa  penelitian yang dituangkan dalam karya tulis ini berdampak besar terhadap proses pembelajaran di sekolah.

"Selain menunjukkan media pembelajarannya, kami juga memaparkan statistik respon siswa setelah mencoba aplikasi Augmented Reality," ujarnya.

Dinilai mampu membawakan materi dan mempresentasikan dengan sangat baik hasil penelitianya. Para juri pun mendapat keyakinan bahwa karya tulis tim MAN 4 Bantul layak dinyatakan sebagai yang terbaik. Juri menetapkan MAN 4 Bantul sebagai juara 1 LKTI.

Di bawah MAN 4 Bantul, juara dua diraih MAN 1 Lamongan sebagai juara 2 dan SMAN 1 Kebomas Gresik sebagai juara 3.

Kepala MAN 4 Bantul Singgih Sampurno keberhasilan ini merupakan buah kerja keras dari siswa maupun guru pendampingnya. Menurutnya, para guru selalu berikan pendampingan siswa dalam mempersiapkan lomba dan bahkan mengantarkan lokasi final dihelat.

Salah satu dewan juri yang sekaligus dosen IT Telkom Surabaya, Aris Kusumawati menilai penelitian milik siswa MAN 4 Bantul sudah setingkat skripsi.

"Saya kagum melihat penelitian dari siswa MAN 4 Bantul sudah seperti skripsi. Padahal pembuatnya baru kelas 11," ujar Wati.

Read Next