logo

Kampus

Agenda Tahunan, UMBY Selenggarakan Donor Darah bagi Mahasiswa

Agenda Tahunan, UMBY Selenggarakan Donor Darah bagi Mahasiswa
Kegiatan donor darah yang dilaksanakan KSR PMI Unit VIII Universitas Mercu Buana Yogyakarta, di Ruang Seminar Gedung Rektorat Kampus 1 UMBY, Jalan Raya Wates Sedayu Bantul, Jumat (26/8/2022). (EDUWARA/Humas UMBY)
Setyono, Kampus30 Agustus, 2022 01:43 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit VIII Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan program tahunan yaitu donor darah bertema 'Setetes Darah Anda, Menyelamatkan Nyawa Mereka'.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Seminar Gedung Rektorat Kampus 1 UMBY, Jalan Raya Wates Sedayu Bantul tersebut berhasil mengumpulkan 23 kantong darah dari pendonor pada Jumat (26/8/2022).

Ketua Panitia Maurifian Ramawan Jati mengatakan kegiatan tersebut merupakan program rutin yang dilakukan setiap tahun. Acara donor darah dilakukan bergiliran di Kampus 1 UMBY dan juga Kampus 3 UMBY.

"Ada beberapa persyaratan yang harus diikuti oleh pendonor seperti mengisi pendaftaran online, lalu registrasi ulang pada saat acara, dilanjutkan dengan pengisian form, lalu skrining untuk memastikan kesehatan pendonor. Setelah semua tahap selesai maka proses donor darah bisa dilakukan," ungkap Maurifian dalam rilis, Senin (29/8/2022).

Bekerja sama dengan PMI Kota Yogyakarta, dilakukan proses skrining atau pengecekan kesehatan serta proses donor darah. Total peserta yang ikut dalam rangkaian acara ini sejumlah 42 pendaftar dan yang berhasil mendonorkan darah sejumlah 23 pendonor.

Wakil Ketua Unit VIII KSR PMI UMBY, Yulius Liq, menyampaikan bahwa target dari partisipasi pada acara kali ini tidak hanya dari kalangan mahasiswa saja, namun juga dari kalangan masyarakat umum.

"Harapannya, ke depan semoga program donor darah tahun berikutnya bisa lebih ramai lagi, dan juga pada program donor darah berikutnya tak hanya sekedar donor darah saja, namun juga ada kegiatan lainnya seperti live musik atau kegiatan donasi ke panti asuhan," ucapnya.

Pembina UKM KSR PMI Unit VIII UMBY Imam Suharjo mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja tahunan dan kali ini bekerjasama dengan PMI Kota Yogyakarta.

"Ke depan, harapan saya setelah terlaksananya program ini mahasiswa bisa membentuk komunitas pendonor darah untuk mewadahi para pendonor yang bisa diikuti oleh siapa saja. Hal tersebut juga bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah," tuturnya.

Read Next