logo

Vokasi

Mau Kuliah di Politeknik Negeri? Simak Jadwal dan Alur Pendaftarannya

Mau Kuliah di Politeknik Negeri? Simak Jadwal dan Alur Pendaftarannya
Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2022. (Eduwara.com/Istimewa Youtube PENS TV)
Redaksi, Vokasi25 Januari, 2022 23:45 WIB

Eduwara.com, JAKARTA–Jalur penerimaan mahasiswa baru untuk perguruan tinggi negeri bidang vokasi yaitu Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN). Sementara itu, hanya SNMPN yang sudah dibuka pendaftarannya.

Pembukaan SNMPN 2022 dilaksanakan oleh Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Senin (3/1/2022) lalu. Pada pembukaan tersebut, Dit. Dikti Vokasi menggandeng Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) dan mendapat dukungan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Dr. Beny Bandanandjaya, S.T., M.T., dalam peluncuran Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2022, Senin (3/1/2022). (Eduwara.com/Istimewa Youtube PENS TV)

 

Melansir laman web SNMPN, seleksi tersebut merupakan seleksi jalur undangan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan vokasi di perguruan tinggi negeri vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh Indonesia. Adapun yang berhak mengikuti seleksi ini adalah siswa lulusan tahun 2022.

Perlu diperhatikan, seleksi ini hanya diperuntukkan jenjang Diploma 3 saja. Untuk jenjang sarjana terapan, proses seleksi mengikuti jalur SNMPTN yang diselenggarakan oleh LTMPT. Lantas, bagaimana dengan jadwal dan alur pendaftaran SNMPN 2022? Berikut jadwal pendaftarannya:

1. Politeknik mengirim undangan kepada sekolah pada 3 Januari hingga 11 Maret 2022.

2. Penerimaan undangan dan pengisian data oleh sekolah dimulai 3 Januari hingga 11 Maret 2022.

3. Pendaftaran oleh siswa dimulai pada 3 Januari sampai 18 Maret 2022.

4. Validasi berkas pendaftaran oleh siswa dimulai tanggal 3 Januari hingga 25 Maret 2022.

5. Pengumuman SNMPN dilaksanakan pada 6 April 2022.

Adapun alur pendaftaran SNMPN 2022 sebagai berikut:

1. Sekolah menerima undangan yang berisi username dan password. Kemudian melakukan pengisian biodata sekolah, data jurusan, dan rekomendasi siswa yang akan diikutkan ke sistem SNMPN. Bagi sekolah yang tidak mendapatkan undangan, bisa mendaftarkan diri ke laman https://snmpn.politeknik.or.id/sekolah

2. Siswa yang mendapatkan rekomendasi akan menerima username dan password. Selanjutnya siswa wajib login untuk mengisi data-data yang dibutuhkan. Adapun data yang diisikan yaitu biodata, data rapor, tiga prestasi akademik/kurikuler terbaik, data keluarga, data ekonomi, pilihan jurusan, dan data KIP Kuliah jika sudah mendaftar. Apabila selama tujuh hari tidak melakukan login, maka akun akan hangus, sehingga sekolah harus merekomendasikan ulang siswa tersebut. Siswa dapat memilih dua Politeknik dan tiga prodi, serta bebas menempatkan urutan pilihan sesuai prioritas.

3. Setelah mengisi data, siswa melakukan finalisasi pendaftaran. Kemudian mempersiapakan dan mengirimkan berkas pendaftaran ke Politeknik pilihan pertama secara mandiri atau kolekif melalui sekolah. Adapun berkas yang dikirim yaitu hasil cetak bukti pendaftaran, fotokopi rapor semester I-V terlegalisir, dua lembar pas foto 4x6, fotokopi akta kelahiran, fotokopi tiga sertifikat prestasi akademik/kurikuler terbaik yang dilegalisir kepala sekolah, dan surat keterangan lain yang disyaratkan Politeknik yang dipilih.

4. Waktu pengiriman maksimal satu pekan setelah siswa melakukan finalisasi pendaftaran. Kemudian siswa mengunggah bukti pengiriman berkas ke Politeknik yang dituju di laman web SNMPN.

5. Politeknik mengumumkan kelulusan di laman web SNMPN. Bagi siswa yang dinyatakan lolos, bisa melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal masing-masing Politeknik. (K.Setia Widodo/*)

Editor: Riyanta

Read Next