logo

Kampus

Menag: Jadikan Diskusi Intelektual Sebagai Pijakan Kebijakan

Menag: Jadikan Diskusi Intelektual Sebagai Pijakan Kebijakan
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Kemenag)
Bunga NurSY, Kampus22 Desember, 2021 09:59 WIB

Eduwara.com, PRINGSEWU— Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta jajarannya agar menjadikan diskusi akademis sebagai salah satu pijakan dalam merumuskan kebijakan.

Hal ini disampaikan Yaqut saat membuka pertemuan Silaturrahim Kerja Nasional Fordipas PTKIN XIII yang dirangkai dengan Internasional Conference on Islam Law and Society di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Selasa (21/12/2021) malam.

Dia meminta kepada Ditjen Pendidikan Islam melalui Forum Direktur Pasca Sarjana (Fordipas) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk menjadikan diskusi kaum intelektual sebagai sebuah tradisi di Kementerian Agama. 

UIN Raden Intan Lampung ditunjuk sebagaii tuan rumah dari gelaran yang dihadiri para Direktur Pasca Sarjana PTKIN se-Indonesia serta pembicara dari berbagai perguruan tinggi luar negeri. 

"Diskusi ini sangat penting. Saya ingin forum seperti ini diperbanyak. Kalau dulu setahun sekali, saya minta dapat dilakukan tiga sampai empat kali dalam setahun. Saya ingin hasil diskusi kaum intelektual ini bisa dijadikan pijakan Kemenag dalam membuat kebijakan-kebijakan,"ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Kemenag, Rabu (22/12/2021). 

Yaqut menambahkan, sudah seyogyanya setiap kebijakan Kementerian Agama berpijak dari hasil kajian akademik yang bisa dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, kegiatan forum dan diskusi di kalangan kaum intelektual PTKIN di bawah Kementerian Agama menjadi tradisi dan kebiasaan dalam upaya mengasah ilmu pengetahuan kaum intelektual.  "Jangan sampai hasil diskusi ini selesai di paper atau jurnal saja, melainkan harus dimanfaatkan dalam mengambil kebijakan," tandasnya. 

Forum intelektual yang digagas Forum Direktur Pasca Sarjana PTKIN ini digelar dalam rangka meningkatkan peranan dan fungsi Pascasarjana PTKIN se-Indonesia dan merespons perkembangan dunia. 

Narasumber dan pembicara yang dihadirkan di antaranya: Mohd Hisham B. Mohd Kamal (Assoc. Prof. Dr.) Associate Professor. IIUM Gombak Campus, Professor Marion Holmes Katz, Department of Near Eastern Languages and Civilizations, University of Chicago dan Omar Farahat, Faculty of Law. McGilk university.

Hadir juga dalam pembukaan Silaturrahim Kerja Nasional Forum Direktur Pasca Sarjana PTKIN XIII, Rektor UIN Raden Intan Lampung, Staf Ahli Menag, Direktur Pasca Sarjana PTKIN se-Indonesia, dan Forkopimda Pemprov Lampung. 

Read Next