logo

Sekolah Kita

Menag Yaqut Resmikan 33 Gedung Madrasah yang Dibiayai SBSN

Menag Yaqut Resmikan 33 Gedung Madrasah yang Dibiayai SBSN
Menag resmikan gedung madrasah dan KUA yang dibangun dengan skema pembiayaan SBSN tahun 2021 (Kemenag)
Bunga NurSY, Sekolah Kita08 Februari, 2022 12:53 WIB

Eduwara.com, SEMARANG— Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meresmikan 33 gedung madrasah yang dibangun dengan skema pembiayaan melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di Jawa Tengah. 

Sebanyak 33 Gedung SBSN Madrasah yang diresmikan terdiri atas: 12 ruang kelas baru, 17 asrama terpadu, tiga laboratorium terpadu, dan satu gedung praktek pembelajaran. Semuanya tersebar di 29 Madrasah.

Peresmian itu terangkum dalam acara Pembinaan ASN sekaligus Penandatanganan Prasasti Gedung Madrasah, serta Balai Nikah dan Manasik Haji KUA (Kantor Urusan Agama) yang bersumber dari dana SBSN tahun 2021 di MTsN 1 Semarang, Selasa (8/2/2022).

"Alhamdulillah, madrasah kini mulai bersalin rupa. Yang dahulu penampakannya kurang enak, sekarang banyak madrasah-madrasah sudah megah dan kokoh berdiri. Kita ingin membuat madrasah bukan hanya sekolah alternatif. Sekarang, saatnya madrasah menjadi destinasi pendidikan buat anak-anak kita," kata Yaqut saat memberikan sambutan seperti dikutip dari situs resmi Kemenag, Selasa (8/2/2022). 

Yaqut menjelaskan bahwa pembangunan tidak hanya berhenti sampai madrasah, namun KUA juga akan terus diperbaiki. Terlebih, pembangunan di Jawa Tengah mendapat dukungan dari Wali Kota Semarang, yang akan menyerahkan aset tanahnya kepada Kementerian Agama. 

Yaqut juga menyampaikan bahwa tahun ini, Kemenag akan mulai membangun asrama haji di Jawa Tengah, di Kecamatan Sayung. Sehingga, posisinya lebih dekat dengan Bandara Udara, Ahmad Yani, Semarang.

Kakanwil Kemenag Jawa Tengah Musta'in  menyampaikan bahwa pembinaan ASN pada Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah ini dirangkaikan dengan penandatanganan Prasasti Pembangunan Gedung Madrasah dan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Sumber Dana SBSN Tahun 2021. 

Selain madrasah, ada enam gedung Balai Nikah dan Manasik Haji yang barada di KUA Kec. Kebumen Kab. Kebumen, KUA Kec. Pakis Haji Kab. Jepara, KUA Kec. Dukuhturi Kab. Tegal, KUA Kec. Cilacap Selatan Kab. Cilacap, KUA Kec. Wirosari Kab. Grobogan, dan KUA Kec. Rembang Kab. Rembang. 

"Kita siap mewujudkan ASN yang memiliki integritas dan kinerja yang baik sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku," kata Musta'in. 

Read Next