logo

Kampus

Naik Tiga Kali Lipat, UMY Sediakan 5.000 Takjil untuk Mahasiswa

Naik Tiga Kali Lipat, UMY Sediakan 5.000 Takjil untuk Mahasiswa
Pada hari pertama Ramadan, Rektor UMY Gunawan Budiyanto membagikan takjil untuk mahasiswa di halaman Kampus UMY, Senin (11/3/2024) petang. Selama Ramadan, UMY akan menyediakan takjil untuk mahasiswa. Tak kurang 5.000 takjil setiap hari akan disediakan selama 20 hari pertama Ramadan. (EDUWARA/Dok. UMY)
Setyono, Kampus11 Maret, 2024 17:39 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Dimulai sejak pandemi Covid-19 2020 silam, pembagian takjil di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun ini naik tiga kali lipat. Selama 20 hari pertama Ramadan, UMY akan menyediakan sekitar 5.000 takjil setiap hari untuk mahasiswa.

Pembagian takjil pada hari pertama puasa di UMY berlangsung Senin (11/3/2024) petang. Pada hari pertama ini tersedia 4.500 takjil.

"Tema pembagian takjil tahun ini, ‘Ramadan for The Goodness'. Ramadan membawa kebaikan untuk semua, untuk kesehatan dan untuk silaturahmi serta ketaqwaan," kata Rektor UMY Gunawan Budiyanto.

Gunawan bercerita ide memberikan takjil bagi mahasiswa ini berawal dari kebijakan pembatasan aktivitas saat pandemi. Saat itu terkumpul sebanyak 1.500 paket takjil yang disajikan setiap hari. 

Usai 20 hari Ramadan, menurut Gunawan, jumlah takjil yang disiapkan menurun hingga 1.000 paket per hari karena sudah banyak mahasiswa yang pulang kampung.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan takjil wajib menunjukkan kartu mahasiswi yang berlaku. Berkonsep drive thru, antrean ribuan motor mahasiswa tampak mengular.

"Lewat pembagian takjil ini, kami ingin memberikan pengalaman kepada para mahasiswa baru 2023/2024 tentang bagaimana keseruannya," lanjutnya.

Kepada seluruh relawan, Gunawan berpesan agar menjaga kesehatan. Karena, masih ada 20 hari lebih ke depan yang harus dilalui untuk menyukseskan program pembagian takjil.

"Seluruh pembiayaan penyediaan takjil ini sepenuhnya ditanggung oleh kampus," ujarnya.

Read Next