logo

Kampus

Pacu Pengembangan SDM Pariwisata Madura, Kemenprekraf Gandeng UNIBA

Pacu Pengembangan SDM Pariwisata Madura, Kemenprekraf Gandeng UNIBA
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berbicara di sela penandatanganan MoU Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baprekraf) menjalin kerja sama dengan Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura . (Kemenparekraf)
Bunga NurSY, Kampus25 Mei, 2022 10:21 WIB

Eduwara.com, SUMENEP— Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baprekraf) menjalin kerja sama dengan Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia di sektor pariwisata.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan Rektor UNIBA Madura Prof. Dr. H. Rachmad Hidayat, dan disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan salah satu poin pertimbangan kerja sama ini adalah besarnya potensi industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Madura.

"Hari ini kita menandatangani MoU antara UNIBA Madura dengan Kemenparekraf, dalam rangka pengembangan SDM pariwisata. Seperti kita ketahui Sumenep dan Kepulauan Madura memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang luar biasa. Oleh karena itu, kita perlu persiapkan SDM-nya," katanya seperti dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Selasa (24/5/2022)

Ruang lingkup kerja sama Kemenparekraf dan UNIBA Madura mencakup pertukaran data atau informasi; pembinaan, konsultasi dalam pelaksanaan penelitian, dan pengabdian masyarakat terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian, ada pula peningkatan kapasitas SDM; koordinasi dalam penyusunan kebijakan teknis di bidang parekraf; dan kerja sama atau kegiatan lain sesuai dengan tugas dan fungsi masing masing-masing pihak.

Sandiaga berharap langkah baik ini akan menjadi awal kebangkitan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Sumenep dan juga Pulau Madura secara keseluruhan.

Dia melanjutkan, terpilihnya UNIBA Madura sebagai mitra strategis Kemenparekraf dalam pengembangan SDM parekraf, lantaran memiliki etos kerja yang serupa dengan Kemenparekraf. Pertama, 'gercep' atau gerak cepat, dikatakan Menparekraf pihak UNIBA Madura yang lebih dahulu mengajukan penawaran kerja sama.

Kedua, 'geber'-gerak bersama, dalam mengembangkan potensi wisata bahari, wisata kebugaran, dan wisata budaya yang ada di Madura. 

Ketiga 'gaspol' garap semua potensi, termasuk potensi untuk masuk ke dalam ekosistem digital. 

"Ini yang menjadikan UNIBA Madura terpilih untuk menggalangkan kerja sama. Mudah-mudahan Sumenep akan menjadi tujuan wisata unggulan," ujarnya.

Read Next