logo

Kampus

PEM Akamigas Susun RIP dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022-2027

PEM Akamigas Susun RIP dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022-2027
PEM Akamigas menggelar pertemuan terbatas penyusunan RIP dan Pengabdian kepada Masyarakat PEM Akamigas Tahun 2022-2027, di Bali, Rabu-Minggu (8-12/12/2021). ((EDUWARA/Dok. Humas PEM Akamigas))
Redaksi, Kampus16 Desember, 2021 07:38 WIB

Eduwara.com, BLORA – Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas menggelar pertemuan penyusunan Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (RIP) untuk tahun 2022-2027. Pertemuan terbatas yang diselenggarakan di Bali, Rabu-Minggu (8-12/12/2021), menghadirkan dosen FMIPA UGM Agus Kuncaka sebagai narasumber.

Dalam rilis yang dikirimkan ke Redaksi Eduwara.com, Rabu (15/12/2021), Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM), Pusparatu, mengatakan RIP PEM Akamigas berisi rencana yang akan ditempuh PEM Akamigas dalam rangka mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam kurun waktu 5 (lima).

“Apabila ada kendala hingga pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat yang tidak sesuai dengan RIP tahun lalu, tapi masih relevan terhadap RIP 2022 - 2027 yang disusun ini, bisa dimasukkan kembali,” kata Pusparatu.

Dalam paparannya, Agus Kuncaka mengingatkan dokumen RIP dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Vokasi (SV) dan Perguruan Tinggi (PT) harus memuat visi dan misi penelitian, tujuan, sasaran, program strategis dan indikator kinerja penelitian dalam kurun 5 sampai dengan 25 tahun ke depan.

Selanjutnya, dokumen RIP dan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut bisa menjadi dasar penetapan kebijakan, perencanaan, dan pelaksanaan penelitian sesuai rencana strategis perguruan tinggi yang bersangkutan, dalam hal ini PEM Akamigas.

“Melalui RIP ini, kita membuat ramalan bahwa dari masyarakat 4.0 nantinya juga akan membentuk society 5.0. Jadi kita memang harus berubah bila tidak ingin tergilas, kata Agus sembari memberikan berbagai bentuk RIP dari berbagai fakultas dan perguruan tinggi untuk memberikan gambaran bentuk RIP yang sesuai dan bisa diadopsi oleh PEM Akamigas.

Penyusunan RIP PEM Akamigas diawali dengan pembahasan, penyusunan, presentasi dan analisa rencana induk program studi oleh masing-masing program studi (prodi) di lingkungan PEM Akamigas. Selanjutnya, kerangka induk penelitian yang telah disusun tersebut, ke depan akan menjadi acuan PEM Akamigas untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Kita harus berpikir ke depan bahwa penelitian kita nanti tidak hanya menjadi cerita. Tetapi hasilnya harus bisa kita rasakan,” kata Direktur PEM Akamigas RY Perry Burhan mengingatkan para pengelola prodi. 

Read Next