logo

Vokasi

Pendaftaran Akpol 2022 Sudah Dibuka, Ini Syaratnya

Pendaftaran Akpol 2022 Sudah Dibuka, Ini Syaratnya
Pendaftaran Akademi Kepolisian (Akpol) 2022 dilaksanakan secara online mulai 30 Maret 2022 hingga 18 April 2022 dengan membuka laman web penerimaan polri. (Akpol)
Redaksi, Vokasi05 April, 2022 13:30 WIB

Eduwara.com, SOLO – Pendaftaran Akademi Kepolisian (Akpol) 2022 dilaksanakan secara online mulai 30 Maret 2022 hingga 18 April 2022 dengan membuka laman web penerimaan polri. 

Sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Lembaga Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri, Akademi Kepolisian (Akpol) menjadi salah satu alternatif para generasi muda untuk mengabdi kepada negara. 

Akpol mencetak lulusan Perwira Polri pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) dengan lama pendidikan empat tahun atau delapan semester.

Tahun 2022, Kepolisian Negara Republik Indonesia membuka kembali penerimaan Taruna/i Akpol secara terpadu. Kuota peserta didik yang dibuka sebanyak 175 orang (150 pria dan 25 wanita) dengan ujian/pemeriksaan terpadu diselenggarakan di tingkat daerah oleh Panitia Daerah (Panda) di Polda dan di tingkat pusat oleh Panitia Pusat (Panpus) di kampus Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tegah.

Batas waktu verifikasi data pendaftar terhitung selama pendaftaran online berlangsung sesuai dengan jadwal pendaftaran dan tidak ada toleransi perpanjangan. Pendaftaran Akpol 2022 tidak dipungut biaya. 

Syarat umum pendaftar yaitu Warga Negara Indonesia (WNI); beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945; sehat jasmani dan rohani (dibuktikan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).

Kemudian, berumur paling rendah 18 tahun saat diangkat menjadi anggota Polri; tidak pernah dipidana karena kejahatan (dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK); berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela.

Seleksi pendaftaran menggunakan sistem gugur dan/atau ranking. Seleksi dilakukan melalui pemeriksaan administrasi dan kesehatan, tes psikologi, akademik, kesemaptaan jasmani, pendalaman penelusuran mental kepribadian. (K. Setia Widodo)

Read Next