logo

Kampus

Persiapkan Desa Hidroponik, IPB Bangun Greenhouse di Desa Benteng

Persiapkan Desa Hidroponik, IPB Bangun Greenhouse di Desa Benteng
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University membangun greenhouse yang merupakan awal pengembangan Desa Hidroponik di Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. (IPB)
Bunga NurSY, Kampus14 Maret, 2022 11:28 WIB

Eduwara.com, BOGOR— Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University meresmikan greenhouse yang merupakan awal pengembangan Desa Hidroponik di Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Pembangunan greenhouse itu merupakan hasil kerja sama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Desa Benteng. Dalam peresmiannya, LPPM IPB University yang diwakili oleh Juang Gema Kartika, MSi bersama tim serta KWT Desa Benteng menggelar acara panen perdana sayuran hidroponik.

Juang Gema Kartika selaku Ketua Tim IPB University yang mendampingi program hidroponik Desa Benteng menyampaikan rasa bangga serta apresiasi kepada tim KWT Desa Benteng atas dukungan serta kesigapan dalam membangun greenhouse ini. 

“Pembangunan greenhouse ini bertujuan untuk membangun Desa Benteng menjadi desa hidroponik pertama di Kabupaten Bogor. Saya harap greenhouse ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga di sekitar sini. Tidak hanya untuk dikonsumsi, namun juga dapat menjadi ladang bisnis bagi warga sekitar,” ujar Juang seperti dikutip dari situs resmi IPB University, Senin (14/03/2022).

Dia juga menambahkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam KKN membawa dampak yang sangat besar. Mahasiswa banyak memberikan edukasi terkait penanaman hidroponik kepada warga serta menjadi jembatan dengan mitra bisnis maupun perusahaan.

“Bersama dengan tim dari mahasiswa KKN-Tematik Desa Benteng, kami berhasil mempertemukan KWT Srikandi dengan pelaku usaha sayuran serta berhasil mengumpulkan dana Corporate Social Responsibility (CSR), sehingga target selanjutnya adalah dengan membuat seribu lubang tanam hidroponik agar memenuhi kriteria jual sayuran ke supermarket,” imbuh dosen dari Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB University ini.

Ketua KWT Srikandi Desa Benteng Sri Asih Wirasatati mengucapkan terimakasih kepada LPPM IPB University atas dukungan yang selama ini diberikan untuk membangun Desa Benteng menjadi Desa Hidroponik. 

“Semoga kerjasama ini terus berjalan serta program ini bisa meluas lagi. Tidak hanya di RW 05 namun bisa ke RW lainnya, agar mewujudkan Desa Benteng menjadi Desa Hidroponik,” ujarnya. 

Read Next