logo

Sekolah Kita

Pramuka MTsN 1 Solo Raih Juara Umum Comed 2022

Pramuka MTsN 1 Solo Raih Juara Umum Comed 2022
Pramuka MTsN 1 Solo dalam ajang Competition and Education for Scout Movement (Comed) 2022 yang diselenggarakan Pramuka UMS. (EDUWARA/@mtsn_ska1)
Redaksi, Sekolah Kita08 September, 2022 20:53 WIB

Eduwara.com, SOLO – Pramuka Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Solo meraih juara umum dalam ajang Competition and Education for Scout Movement (Comed) 2022. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Pramuka Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Jumat-Minggu (2-4/9/2022) lalu secara daring.

Comed 2022 terdapat empat cabang lomba yaitu handycraft, tiktok dance semaphore, menulis berita, dan cipta baca puisi. Pramuka MTs N 1 Solo (Pramatsa) berhasil menjadi juara di setiap cabang lomba dan menjadi juara umum.

Pembina Pramuka, Nirmala Fitri Qomariyah menuturkan sebelum berpartisipasi, pihaknya melakukan seleksi untuk memilih perwakilan peserta lomba dengan seleksi public speaking dan dance bebas. Setelah selesai, peserta yang sudah terpilih melaksanakan latihan.

“Tim Pramatsa melakukan latihan intensif jauh hari sebelum kegiatan berlangsung. Latihan dilakukan selama tiga pekan. Latihan ini dilakukan setiap hari, termasuk hari libur. Pada hari efektif, masuk latihan dimulai pukul 15.45-17.00 WIB, sedangkan di hari Minggu dimulai pukul 09.00-16.00 WIB," jelas Nirmala seperti dilansir Eduwara.com, Kamis (8/9/2022), dari laman Kementerian Agama Kota Solo.

Dia bersyukur anak-anak antusias dan semangat selama mengikuti latihan meskipun Minggu harus masuk. Adapun materi yang harus mereka pelajari adalah membaca puisi dan berita, membuat gerakan semaphore dance dan latihan cepat dan kreatif dalam membuat handycraft.

Capaian Prestasi

Nirmala melanjutkan, dengan kesungguhan dan semangat yang tinggi, tim Pramatsa berhasil memenangkan semua cabang lomba dan berhasil menjadi juara umum. Pramatsa berhasil mengharumkan nama MTsN 1 Solo dengan menjadi juara umum.

Dalam cabang lomba cipta baca puisi kategori putra dan putri berhasil menjadi juara pertama, yang diwakili Zhahfran Zaidan Safa dari kelas IX A dan Inias Alina Nisa dari kelas IX Tahfizul Quran (TQ). Kemudian lomba menulis berita kategori putra dan putri berhasil menjadi juara pertama atas nama Gatan Mukti Wibowo kelas VIII Sains Agama (SA) 2 dan Rayya Putri Fayza Az-Zahra kelas VIII SA 5.

Adapun lomba handycraft juga berhasil meraih juara pertama dalam kategori putra dan putri atas nama Raga Saktiawan kelas IX A, Devis Arya Saputra kelas IX A, Kautsaririzqi Rafriandra Afdiansyah kelas VIII SA 4, Azizah Budianti Jamil kelas IX TQ, Indira Nur Fahira kelas IX B, dan Talitaha Annafis Tsaqif kelas VIII SA 1.

Selain itu, lomba Tiktok dance semaphore juga berada di posisi juara 1 dengan perwakilan putra yakni Esa Maulana Wisnunatta dan Gatan Mukti Wibowo dari kelas VIII SA 2, Muhammad Favian Mahardika dan Kautsarrizqi Rafindra Afdiansyah dari kelas VIII SA 4, serta Muhamad Dedex Pratama kelas VIII D.

Kemudian kategori peserta putri diwakili oleh Kenji Dwi Pradani dari kelas IX Full Day (FD) 2, Manda Kirana Larashati kelas IX A, Syifa Aulia Raihanie IX TQ, Inias Alina Nisa IX TQ, Talitha Annafis Tsaqif kelas VIII SA 1. Dengan capaian tersebut maka piala bergilir tetap berada di MTsN 1 Solo karena pada tahun sebelumnya juga menjadi juara umum.

Kepala Madrasah, Nurul Qomariyah mengungkapkan segenap civitas akademika MTsN 1 Solo sangat bangga atas capaian prestasi luar biasa dari Tim Pramatsa.

“Syukur alhamdulillah, terima kasih pada Tim Pramatsa, pembina, dan pembimbing lomba. Sungguh kebanggaan yang luar biasa capaain prestasi yang tiada henti. Kemarin juara umum di ajang Wijaya Scout Competition Unnes, kali ini juara umum lagi di Comed UMS," ungkap dia.

Dia berharap, melalui pencapaian tersebut akan menjadi semangat untuk lomba-lomba yang lain dan akan membawa MTsN 1 Solo semakin berjaya. (K. Setia Widodo/*)

Read Next