logo

Kampus

Prodi Magister Agribisnis UMM Raih Akreditasi Unggul

Prodi Magister Agribisnis UMM Raih Akreditasi Unggul
Mahasiswa Prodi Agribisnis UMM tengah melakukan praktik kerja lapangan. (Istimewa)
Setyono, Kampus14 Mei, 2022 22:46 WIB

Eduwara.com, MALANG — Prodi Magister Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil mendapat akreditasi Unggul. Akreditasi ini mulai berlaku sejak Selasa (10/5/2022) lalu.

Ketua Prodi Magister Agribisnis UMM, Lili Zalizar, menjelaskan  untuk mencapai tahap akreditasi Unggul, maka ada beberapa kriteria penilaian yang perlu dilengkapi. 

Salah satu hal yang diperhatikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yakni kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di lingkup prodi.

"Alhamdulillah semua dosen di Prodi Magister Agribisnis telah menempuh pendidikan strata tiga (S3), enam di antaranya bahkan telah meraih gelar professor. Banyak pula dosen yang telah menjabat sebagai Lektor Kepala," kata Lili Zalizar, Sabtu (14/5/2022).

Selain sumber daya manusia (SDM), untuk mengawasi dan meningkatkan mutu pendidikan, UMM juga memiliki Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) yang sangat membantu sehingga mutu pendidikan di UMM bisa tetap terjamin.

Publikasi Ilmiah

Dosen asal Subang, Jawa Barat, ini menambahkan tidak hanya fokus di peningkatan sumber daya manusia (SDM), prodi Magister Agribisnis juga berfokus untuk mendorong publikasi ilmiah dari para dosen, bahkan juga dari para mahasiswanya.

Tidak hanya publikasi di media, mahasiswa juga didukung untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional.

"Untuk mendorong upaya publikasi ilmiah, setiap mata kuliah memiliki luaran berupa publikasi artikel ilmiah, buku, tulisan, maupun jurnal. Pihak kampus juga memberikan hadiah kepada mahasiswa yang telah menerbitkan karyanya," ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan wawasan, setiap tahun prodi Magister Agribisnis juga berpartisipasi dalam konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Pascasarjana UMM.

Terkait peningkatan akreditasi yang telah diperoleh prodi Magister Agribisnis, Lili mengatakan capaian tersebut tidak lepas dari kerja keras dari semua pihak. Tak hanya dari prodi dan kampus, prestasi ini dapat diraih berkat komitmen dari mahasiswa dan juga alumni.

"Terlepas dari capaian ini, kami tentu tidak boleh berpuas diri. Prodi Magister Agribisnis juga akan terus berusaha untuk memperbaiki aspek-aspek yang kurang sekaligus meningkatkan yang sudah bagus. Tentu, target kami selanjutnya adalah sertifikasi dan akreditasi internasional," ungkapnya.

Read Next