logo

Kampus

Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Resmi Dibuka, Ini Ketentuannya

Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Resmi Dibuka, Ini Ketentuannya
Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim dalam sosialisasi PMM 2, Rabu (11/5/2022). (YouTube Kemendikbud RI)
Redaksi, Kampus14 Mei, 2022 21:00 WIB

Eduwara.com, JAKARTA – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka kembali pendaftaran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) untuk angkatan kedua pada 13-28 Mei 2022. 

Program tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa yang saat ini berada di semester II, IV, dan VI. Jika lolos seleksi, peserta akan melaksanakan program pertukaran itu ketika di semester III, V, dan VII selama satu semester atau lima bulan, mulai Agustus hingga Desember 2022.

PMM merupakan salah satu program unggulan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggunakan hak belajarnya di luar program studi dan di luar perguruan tinggi (PT) asal.

PMM 1 yang diselenggarakan pada tahun 2021 lalu, telah diikuti sebanyak 11.464 mahasiswa dari 215 perguruan tinggi penerima atau pengirim. Sedangkan pada tahun ini, PPM 2 targetnya akan dibuka untuk 16.000 mahasiswa yang dapat memilih satu perguran tinggi dari 194 perguruan tinggi penerima.

Dalam sosialisasi PMM 2, Rabu (11/5/2022), Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan melalui program tersebut, peserta bisa berkuliah hingga 20 SKS di perguruan tinggi penerima.

“Selama satu semester mengikuti program ini, kalian bisa berkuliah sampai 20 SKS di perguruan tinggi penerima, dan kami juga akan memberikan kesempatan untuk mengambil sampai enam SKS di perguruan tinggi pengirim secara daring,” ucap dia seperti siaran pers yang dilansir Eduwara.com, Sabtu (14/5/2022) dari laman resmi Kemendikbudristek.

Sementara itu, Kepala Program PMM 2, Rachmawan Budiarto mengatakan terdapat perbedaan antara PMM tahun 2021 dengan tahun ini yakni mahasiswa dapat memilih perguruan tinggi tempat mereka akan beraktivitas. Mahasiswa bisa memilih program, mata kuliah, dan perguruan tinggi.

Selain itu, PMM 2 hanya dapat diikuti oleh mahasiswa yang belum pernah mengikuti Program PMM Tahun 2021. Kemudian tidak sedang terdaftar aktif dalam Program Kampus Merdeka lainnya pada saat program berlangsung.

PMM 2 dapat diikuti oleh mahasiswa aktif dari perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) dan duduk pada semester dua sampai enam saat periode pendaftaran.

"Banyak pertanyaan di media sosial tentang semester. Tentu ini besok semester gasal saat PMM berjalan, tapi adik-adik mendaftar saat semester 2, 4, 6, karena interaksi program ini akan berjalan di semester 3, 5, dan 7,” papar dia.

Syarat Pendaftaran

Pada 2022, persyaratan baku bagi calon pendaftar selain wajib memiliki surat izin dari PT pengirim juga telah mendapatkan izin orang tua atau wali untuk mengikuti PMM 2. 

Selanjutnya memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75, tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan nonakademik pada saat periode pendaftaran, bersedia mentaati seluruh ketentuan PMM 2 dan bersedia menerima konsekuensi atas pelanggaran terhadap ketentuan PMM 2.

Selain itu, calon pendaftar adalah mahasiswa yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), memiliki atau bersedia membuat rekening aktif Bank Rakyat Indonesia (BRI) atau Bank Syariah Indonesia (BSI) atas nama mahasiswa bersangkutan, telah menerima minimum dua dosis vaksin Covid-19, dan diutamakan memiliki asuransi kesehatan yang aktif, berupa BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Pengumuman mahasiswa yang lolos untuk mengikuti PMM 2 akan dirilis pada bulan Juni 2022. Setelahnya  peserta yang lolos akan mengikuti kegiatan pembekalan pada bulan Juli sebelum mengikuti pembelajaran di PT penerima mulai bulan Agustus 2022,” jelas Rachmawan.

Di samping itu, Rachmawan juga berpesan kepada seluruh mahasiswa calon pendaftar PMM 2 untuk dapat mencermati informasi terkait program PPM 2 yang telah tersedia di laman resmi PMM sejak tanggal 28 April lalu. Dia berharap, mahasiswa dapat aktif berkomunikasi dengan perguruan tinggi masing-masing sebelum melakukan pendaftaran PMM 2. (K. Setia Widodo/*)

Read Next