logo

Art

PSM Swara Wadhana UNY Borong Penghargaan di Polandia

PSM Swara Wadhana UNY Borong Penghargaan di Polandia
Penampilan PSM Swara Wadhana pada The Prof Józef Świder International Festival of Music Polandia yang diselenggarakan secara online, pertengahan Desember ini. ((EDUWARA/Humas UNY))
Redaksi, Art13 Desember, 2021 20:16 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Paduan suara mahasiswa (PSM) Swara Wadhana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali mengukir prestasi pada kompetisi internasional bertajuk The Prof Józef Świder International Festival of Music Polandia yang diselenggarakan secara online pertengahan Desember ini.

Dalam keterangan tertulis yang dikirimkan ke Redaksi Eduwara.com, Senin (13/12/2021) disebutkan bahwa Swara Wadhana berhasil memborong sejumlah penghargaan, yaitu The Most Interesting Interpretation of Sakral Piece dengan lagu Cor Mundum aransemen Gyorgy Orban, The Best Performance of Modern Composer's Piece dengan lagu Atsalums aransemen Jekabs Jancevskis, Gold Medal dengan point 99 dan Grand Prix of The Prof Józef Świder International Competition of Music (Online Competition). 

Menurut Driyastuti Yogyaningrum, selaku Pembina PSM Swara Wadhana, kompetisi internasional tersebut diikuti 15 kelompok paduan suara dari berbagai negara, yaitu Polandia, Indonesia, Ukraina, Belarusia, Slovakia, Latvia dan Republik Cheko. 

Dari 15 kelompok paduan suara tersebut, tujuh di antaranya mengikuti kompetisi secara online, sedangkan delapan kelompok lainnya mengikuti kompetisi tersebut secara offline.

“Kelima belas kelompok paduan suara tersebut memperebutkan Grand Prix Rektor dari Universitas Silesia dan Józefa Świdra Cantus Foundation,” katanya. 

Terkait dengan prestasi tersebut, konduktor Swara Wadhana Lukas Gunawan Arga Rakasiwi mengatakan bahwa sejak awal tahun 2021, anggota Swara Wadhana sudah mulai berlatih, menyiapkan beberapa lagu untuk diikutsertakan pada kompetisi-kompetisi paduan suara internasional. 

“Sebetulnya lagu-lagu yang digunakan untuk latihan tersebut kami persiapkan untuk kompetisi paduan suara internasional di Italia, Hong Kong, dan Taiwan. Sedangkan untuk kompetisi di Polandia ini adalah kompetisi yang tidak direncanakan untuk diikuti. Sebab, rangkaian kompetisi internasional yang diikuti Swara Wadhana sudah berakhir pada bulan Juli lalu,” katanya. 

Keikutsertaan pada kompetisi di Polandia, menurut alumni S1 jurusan Musik Fakultas Bahasa dan Seni dan S2 Teknologi Pembelajaran Pascasarjana UNY tersebut, diawali dengan tawaran untuk mengikuti Prof Józef Swider 6th International Festival of Music, yang dikirimkan oleh seorang konduktor di Polandia melalui email kepada dirinya pada Oktober lalu. 

Arga lalu menyampaikan tawaran itu kepada PSM Swara Wadhana UNY dan meminta untuk mempertimbangkan tawaran keikutsertaan dalam kompetisi tersebut. 

“Pada akhirnya kami mengikuti kompetisi ini dan bersyukur dapat kembali memborong beberapa penghargaan internasional,” paparnya.

The Prof Józef Świder International Festival Of Music adalah sebuah kompetisi yang diselenggarakan di Cieszlyn, Polandia. Kompetisi ini diselenggarakan secara hybrid, yaitu online dan offline, pada 10 – 12 Desember 2021. 

Read Next