logo

EduBocil

PT KMB & Starbanjar Beri Bantuan Anak Penyintas Kanker di Banjarmasin

PT KMB & Starbanjar Beri Bantuan Anak Penyintas Kanker di Banjarmasin
Rumah Kita menjadi tempat singgah bagi anak penyintas kanker yang berobat di Kota Banjarmasin. Rumah singgah yang berlokasi di Kompleks Kenaungan Jaya II, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur. (Eduwara.com/Istimewa KMB/Starbanjar)
Redaksi, EduBocil07 Maret, 2022 12:35 WIB

BANJARMASIN—PT Konten Media Berjejaring (KMB) yang memiliki 22 jaringan media bersama starbanjar.com menggagas aksi sosial peduli anak penyintas kanker di Kota Banjarmasin, Sabtu (5/3/2022). 

Seperti dalam rilis yang dikirim starbanjar.com kepada eduwara.com, Senin (7/3/2022), aksi sosial dilakukan dengan menyalurkan bantuan dana operasional untuk Rumah Kita, sebuah wadah singgah anak penyintas kanker di Kota Seribu Sungai program dari Tangan-tangan Relawan. 

Rumah singgah yang berlokasi di Kompleks Kenaungan Jaya II, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, ini difungsikan sebagai tempat tinggal anak penyintas kanker yang biasanya datang dari luar daerah untuk berobat di Banjarmasin. 

Minimnya fasilitas kesehatan kanker di luar Banjarmasin membuat banyak anak harus dirujuk ke kota ini untuk menjalani pengobatan secara intens.

Rumah singgah lantas didirikan untuk menekan ongkos orang tua dari anak penyintas kanker yang biasanya harus merogoh kantong lebih banyak demi menyewa rumah atau indekos.

Sosok di balik pendirian Rumah Singgah Kita adalah Eko Subiyantoro. Pria yang memiliki latar belakang relawan kemanusiaan ini memulai aksinya sejak Maret 2018 lalu. 

Keprihatinan

Digagas tempat ini sejak Maret 2018 lalu, Eko mendirikan Rumah Singgah Kita lantaran prihatin melihat banyaknya anak penyintas kanker dari luar daerah yang tidak memiliki wadah untuk tinggal. 

"Dulu kalau pasien, kita lihat tinggal di masjid depan rumah sakit, dari situ kepikiran buat bangun rumah singgah," kata Eko. 

Anak-anak dan orang tuanya singgah di Rumah Kita di Kompleks Kenaungan Jaya II, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur. (Eduwara.com/Istimewa KMB/Starbanjar)

 

Di awal-awal beroperasinya Rumah Singgah Kita, Eko dan beberapa relawan lainnya masih harus mengontrak rumah di kawasan Dharma Praja Banjarmasin.

Namun, dua tahun terakhir, pihaknya mampu menggalang donasi untuk membeli rumah permanen di kawasan Kompleks Kenaungan Jaya II. 

Salah satu aksi Eko untuk menggalang donasi ini adalah melakukan solo touring menggunakan sepeda dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat dengan jarak tempuh 1.300 kilometer. 

Berhenti di belasan titik, Eko bertemu banyak komunitas dan memberi edukasi soal seputar kanker. Aksi galang donasi pun sambil terus dilakukan seiring perjalanan Eko bersepeda dari Kalsel ke Kalbar. 

"Tidak lama setelah itu, Desember 2019 kita akhirnya bisa membeli rumah ini," kenang Eko. 

CEO Starbanjar.com, Ahmad Husaini, mengungkapkan pihaknya bersama PT KMB sangat mendukung Rumah Singgah lantaran melihat dedikasi penuh para relawan membantu para penyintas kanker. 

"Gerakan solidaritas ini akan kita upayakan rutin dilakukan paling tidak setahun sekali menyasar kelompok-kelompok marjinal di Banjarmasin," kata Husaini. (Riyanta/*)

Editor: Riyanta

Read Next