logo

Kampus

Pusat UTBK Untidar Gelar Uji Coba Perangkat dan Sistem

Pusat UTBK Untidar Gelar Uji Coba Perangkat dan Sistem
Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar, Noor Farid, meninjau pelaksanaan uji coba perangkat dan sistem sebagai upaya mempersiapkan penyelenggaraan UTBK-SBMPTN Tahun 2022, di Pusat UTBK Untidar, Kamis (28/4/2022. Uji coba perangkat dan sistem ini tidak hanya dilakukan di lokasi Pusat UTBK Untidar namun serentak seluruh Indonesia. (EDUWARA/Humas Untidar)
Redaksi, Kampus30 April, 2022 22:42 WIB

Eduwara.com, MAGELANG – Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Universitas Tidar (UTBK Untidar) Magelang, Kamis (28/4/2022), melaksanakan uji coba perangkat dan sistem sebagai upaya mempersiapkan penyelenggaraan seleksi berskala nasional, UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) Tahun 2022. 

“Kesiapan perangkat berupa komputer serta jaringan masing-masing lokasi penyelenggaraan UTBK-SBMPTN perlu dicek dan disiapkan agar tidak ada kendala saat ujian berlangsung nantinya,” jelas Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar, Noor Farid.

Dalam laman resmi Untidar, Jumat (29/4/2022), dijelaskan selain menyelenggarakan UTBK di Kampus Utama Untidar, Pusat UTBK Untidar juga menggandeng tujuh mitra sekolah, yaitu SMA Negeri 2 Kota Magelang, SMA Negeri 4 Kota Magelang, SMA Negeri 5 Kota Magelang, SMK Negeri 1 Kota Magelang, SMK Negeri 2 Kota Magelang, SMA Negeri 1 Kota Mungkid dan SMK Ma’arif Kota Mungkid.

“Uji coba ini dilakukan tidak hanya di lokasi Pusat UTBK Untidar namun serentak seluruh Indonesia pada Rabu (27/4/2022) dan Kamis ini (28/4/2022),” tambahnya.

Selain uji coba perangkat dan jaringan, ada pula rangkaian kegiatan simulasi UTBK lain yang dilaksanakan, seperti membuka segel ujian, uji coba pelaksanaan ujian (peserta ujian adalah teknisi ruang dan atau pengawas, dan soal ujian adalah soal dummy). 

Juga, simulasi pengawas mengirimkan Berita Acara Pelaksanaan Ujian (BAPU) per ruangan di aplikasi pengawas, download BAPU, upload hasil ujian ke Dashboard UTBK, download Berita Acara Hasil Ujian di dashboard, dan menghapus data ujian (peserta dan paket ujian).

Secara keseluruhan uji coba di Pusat UTBK Untidar berjalan lancar. Hanya ada beberapa kendala minor, seperti kabel mati dan memerlukan perbaikan dan setting-an komputer belum sesuai.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Tahun 2022 ini akan diselenggarakan dalam dua gelombang yaitu gelombang 1 pada 17-23 Mei 2022 dan Gelombang 2 pada 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022.

Adapun jumlah pendaftar yang akan mengikuti ujian di Pusat UTBK Untidar sebanyak 8402 orang. Keterisian kursi untuk kategori Soshum dan Saintek total 8088 orang, dan keterisian kursi kategori campuran sebanyak 314 orang.

Read Next