logo

Beasiswa

Raih Beasiswa Bidikmisi, Mita Selesaikan S-1 dan Lanjut S-2

Raih Beasiswa Bidikmisi, Mita Selesaikan S-1 dan Lanjut S-2
Mita Saputri berfoto bersama kedua orang tuanya seusai Wisuda Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Februari 2022. Mita adalah penerima beasiswa Bidikmisi, yang mampu menyelesaikan studi S1 di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni UNY dengan IPK 3,68 dan meraih predikat Cumlaude. Saat ini, Mita melanjutkan pendidikannya di Program Magister UNY. (EDUWARA/Istimewa)
Setyono, Beasiswa05 April, 2022 20:47 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Mampu menyelesaikan kuliah S-1 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ternyata masih belum dipercaya Mita Saputri (23). Berkat beasiswa Bidikmisi, mahasiswa asal Banyumas ini mampu menyelesaikan kuliah di Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY.

Mita yang diwisuda pada Februari kemarin adalah sarjana dengan predikat Cumlaude ber-IPK 3,68 dengan masa studi hanya tiga tahun empat bulan. Saat ini, Mita tengah menempuh pendidikan Magister di jurusan yang sama dan kampus yang sama.

"Dulunya saya sempat ragu untuk bisa melanjutkan sekolah, karena keterbatasan ekonomi. Bapak buruh petani sedangkan ibu adalah penjahit," kata alumni SMAN 1 Rowokele, Selasa (4/4/2022).

Sempat dilarang orang tuanya, Turmudi dan Siti Fatimah, Mita nekat kuliah saat mendapatkan informasi dari guru Bimbingan Konseling SMAN 1 Rowokele Rumiyani, tentang beasiswa Bidikmisi dimana biaya kuliah ditanggung negara dan juga diberi biaya hidup.

"Pada awalnya saya masih merasa ragu karena belum ada kepastian diterima atau tidaknya. Tapi saya mulai yakin saat ada tetangga kami yang diterima di UNY melalui Bidikmisi, yaitu Enggista Hendriko Delano di Fakultas Ilmu Keolahragaan," cerita Mita saat berusaha menyakinkan orang tuanya.

Mita lulus SMA pada 2017. Karena kendala ekonomi, dia baru mendaftar perguruan tinggi pada 2018. Sebagai siswa yang masuk the best five paralel jurusan IPA di SMAN 1 Rowokele, Mita membantu berjualan di kantin SMP Negeri 1 Ayah dari pukul 06.00 WIB hingga 14.00 WIB.

"Di sela-sela membantu berjualan, saya belajar soal-soal SBMPTN. Saya selalu membawa ransel besar berisi dua buku King SBMPTN," katanya.

Duta Kampus UNY

Tahun 2018 Mita berhasil lolos jalur SBMPTN di UNY pada prodi impiannya, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Tahun itu namanya tidak lolos sebagai peserta penerima beasiswa Bidikmisi. Namun tahun berikutnya, 2019 namanya masuk.

Selama kuliah, Mita mengaku aktif mengikuti berbagai event, seperti Panitia Bulan Bahasa, PKKMB, hingga menjadi Top 5 Duta Kampus UNY 2019. Mita juga aktif sebagai tentor privat untuk pembelajaran Calistung TK, dan mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi SMP dan SMA.

Setelah diwisuda pada Februari 2022, Mita kemudian melanjutkan pendidikan Magister di UNY pada program Intake yang memulai kuliah pada Februari 2022. Jurusan yang diambilnya pun linear dengan S1-nya, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

"Saya sempat tertarik beasiswa LPDP. Tetapi karena pelaksanaan lama, saya mengurungkan niat mendaftar," jelasnya.

Mita memilih menjadi Student Employee, sebagai Staf Tata Usaha FBS UNY sekaligus menjadi tentor Calistung dan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang digelutinya sejak kuliah S1. Mita juga memiliki usaha kecil-kecilan berjualan jilbab, baju, dan juga mukena.

"Saya masih belum cakap dan telaten dalam menjalani bisnis, tetapi saya akan berusaha semaksimal yang saya mampu," katanya.

Mita berpesan bagi para calon mahasiswa yang bernasib sepertinya agar tidak takut bermimpi. Jangan takut kuliah apalagi terkait biaya. Karena segala sesuatu tergantung niatnya. Selama niat kita baik tidak mungkin akan dipersulit. Dan yang paling penting adalah memperbesar aksi dan memperkecil gengsi.

Read Next