logo

Art

Rayakan Hari Batik Nasional, Prodi Desain Mode Batik ISI Solo Gelar BAF #5 2022

Rayakan Hari Batik Nasional, Prodi Desain Mode Batik ISI Solo Gelar BAF #5 2022
Fashion show desainer tamu, Tuty Adib dalam Batik Art Festival (BAF) #5 2022, Jumat (30/9/2022) malam di Pendopo Ageng Joyokusumo ISI Solo. (YouTube ISI Surakarta Official)
Redaksi, Art02 Oktober, 2022 22:28 WIB

Eduwara.com, SOLO – Program Studi (Prodi) Desain Mode Batik Institut Seni Indonesia (ISI) Solo kembali menggelar Batik Art Festival (BAF) #5 2022, Jumat (30/9/2022) hingga Sabtu (1/10/2022). Acara tahunan sejak 2017 itu merupakan salah satu ajang proses pengembangan diri dan wadah menunjukkan eksistensi karya mahasiswa kepada khalayak umum.

Ketua Pelaksana, Danang Priyanto mengatakan BAF 2022 mengambil tema Lekat yang bermakna dekat maupun rekat.

"Tema ini juga diambil dari pemaknaan batik sebagai entitas yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat di Nusantara. Batik juga sebagai simbolisasi daur hidup manusia dari lahir hingga akhir hayat," kata Danang Priyanto dalam pembukaan BAF 2022, Jumat (30/9/2022) di Pendopo Ageng Joyokusumo ISI Solo.

Danang menambahkan, BAF 2022 dilaksanakan dengan beberapa rangkaian acara di antaranya webinar internasional yang diisi oleh empat pembicara dari empat negara yaitu Indonesia, Jepang, Mesir, dan Karibia. Selain itu, fashion show kids dan fashion show desainer tamu oleh Tuty Adib, Saifuddin Aulya Akhsan, Ucok M Sirait, Owens Joe, dan Fafa Utami.

Kemudian, acara lainnya adalah workshop pembuatan kain dan canting batik cap, kompetisi fashion show yang diikuti oleh enam perguruan tinggi di antaranya ISI Jogja, ISI Padangpanjang, Institur Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, UNS Solo, dan Institut Teknologi Dan Sains Nahdlatul Ulama (ITS NU) Pekalongan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Solo, Ana Rosmiati menuturkan sebagai masyarakat yang berbudaya, sudah sepatutnya menjaga batik sebagai hasil warisan kebudayaan Indonesia.

"BAF 2022 ini merupakan bentuk dan usaha dalam menjaga warisan batik. Semoga acara ini menjadi sebuah penghargaan karya seni untuk civitas akademika ISI Solo dan dinikmati masyarakat luas," harap dia.

Di sisi lain, Kepala Prodi Desain Mode Batik ISI Solo, Aan Sudarwanto mengatakan acara tersebut juga menjadi ajang silaturahmi sekaligus kreasi dan inovasidi dalam bingkai dunia pendidikan, khususnya di bidang fashion, mode, batik, tekstil, dan tata busana.

"Kami dari awal mempunyai mimpi bahwa dunia pendidikan setidaknya memiliki kiblat fashion yang menjadi rujukan nasional. Dalam hal ini, BAF 2022 bisa hadir di dalamnya," ujar dia.

Lebih lanjut, dalam pembukaan BAF 2022 juga dilaksanakan penandatanganan kesepakatan kerja sama dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan desain mode, tekstil, batik, dan tata busana. Penandatangan dilakukan oleh seluruh perwakilan Prodi Mode Batik di Indonesia yang berasal dari ISI Solo, ISI Jogja, ISI Padangpanjang, ISBI Bandung, UNS Solo, dan ITS NU Pekalongan. (K. Setia Widodo)

Read Next