logo

Kampus

Rektor UI dan Panglima TNI Bertemu, Bahas Penguatan Kerja Sama

Rektor UI dan Panglima TNI Bertemu, Bahas Penguatan Kerja Sama
Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro didampingi para wakil rektor dan para dekan, berfoto bersama Panglima TNI Andika Perkasa saat mengunjungi Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta, Selasa (18/1/2022). (EDUWARA/Humas UI)
Bhakti Hariani, Kampus19 Januari, 2022 12:07 WIB

Eduwara.com, JAKARTA - Rektor Universitas Indonesia (UI) bersama para wakil rektor UI didampingi para dekan bertemu dengan Panglima TNI Andika Perkasa di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta. Kunjungan ini bertujuan membahas peluang kerja sama baru antara UI dan TNI. 

Rektor UI Ari Kuncoro mengungkapkan, kolaborasi penta helix saat ini adalah hal penting, dimana pemerintah, akademisi, masyarakat, dan media berkomitmen untuk mengembangkan inovasi pengetahuan. Ari juga menyoroti ancaman adanya perkembangan ideologi baru yang harus menjadi perhatian.

“Adanya ancaman ideologi baru, bisa dengan membawanya kepada kearifan budaya. Kita harus mampu menciptakan kontranarasi. Fakutas Psikologi, misalnya, dapat melakukan konstruksi sosial,” ujar Ari dalam keterangan pers yang dikirimkan Biro Humas dan KIP Universitas Indonesia kepada Eduwara.com, Selasa (18/1/2022).

Sedangkan untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI bisa melakukan pendekatan ke-Indonesia-an dengan cara memberi pembekalan pratugas kepada para prajurit agar mereka memiliki pengetahuan sebelum menjalankan tugas teritorial.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berharap agar setelah pertemuan tersebut, semua yang telah dibahas akan dapat segera terwujud melalui penguatan kerjasama yang terlembaga antara UI dengan TNI.

“Saya berharap kerja sama yang akan dijalin selanjutnya dengan UI merupakan percepatan dokter-dokter TNI melalui program spesialis. Terlebih TNI memiliki rumah sakit yang tersebar di beberapa daerah, seperti di Bandung, Magelang, Surabaya, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar,” ungkap Andika.

Sebelumnya, pada Juni 2020, UI dan TNI Angkatan Darat menjalin kerja sama bagi perwira AD yang andal dan berkualitas. Kerja sama tersebut diwujudkan melalui perkuliahan pascasarjana (S2) di UI. 

Sedangkan pada November 2021, kedua instansi ini menjalin kerja sama melalui Fakultas Kedokteran UI dan TNI. Berkat kerja sama tersebut, prajurit TNI AD berkesempatan mendapat beasiswa kuliah di Kedokteran UI. 

Read Next