logo

Kampus

Sebanyak 66 Perguruan Tinggi Ikuti Pameran Kampus di Sragen

Sebanyak 66 Perguruan Tinggi Ikuti Pameran Kampus di Sragen
Sebanyak 66 Perguruan Tinggi Ikuti Pameran Kampus di Sragen (Eduwara/M. Diky Praditia)
Redaksi, Kampus17 Januari, 2022 09:04 WIB

Eduwara.com, SRAGEN—Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Sragen (KMS) mengundang 66 perguruan tinggi baik negeri, swasta, maupun kedinasan dari berbagai daerah untuk berpartisipasi dalam 11th Sragen University Expo (SUE) 2022 bertema The Light of Golden Century.

Acara tahunan itu berlangsung di Sasana Manggala Sukowati, Sragen, pada Jumat (14/1/2022)—Minggu (16/1/2022).

Ketua pelaksana SUE Marich Farista Anugerah mengatakan, ke-66 perguruan tinggi itu diberi stan guna memberi informasi terkait dengan penerimaan mahasiswa baru kepada pengunjung.

"Acara ini sebagai ajang pameran kampus. Kampus-kampus diberi wadah untuk lebih dikenal oleh anak-anak yang mau melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi," ucap Marich saat ditemui Eduwara.com di sela-sela acara, Sabtu (15/1/2022).

Marich melanjutkan, KMS juga mengundang siswa-siswa SMA sederajat di Sragen untuk datang ke acara tersebut. Tujuannya untuk diberi sosialisasi dan edukasi tentang kampus-kampus di Indonesia. Mereka juga diberi pemahaman bagaimana cara mendaftarkan diri di universitas.

"Di sini, adik-adik SMA yang bingung dan kurang paham dunia perkuliahan, misal masih bingung pilih jurusan apa atau mau kuliah di mana, bisa langsung tanya kepada mahasiswa-mahasiswa yang berkuliah di berbagai kampus," jelas dia.

Acara tersebut, menurut Marich, merupakan acara pertama expo kampus di Sragen yang diselenggarakan secara luring selama pandemi Covid-19. Sebelumnya, tahun 2020 dan 2021 SUE diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting

"Selama delapan bulan kami mempersiapkan kegiatan ini, awalnya bingung mau diselenggarakan secara luring atau daring. Alhamdulillah akhirnya bisa dilaksanakan secara luring," ujar dia.

Salah satu dosen Sekolah Tinggi Teknologi Warga (STTW) Solo Amar menyambut positif acara tersebut. Menurutnya, SUE dapat membantu para siswa yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

"Di sini banyak pilihan universitas, mereka bisa memilih yang menurut mereka cocok dan sesuai dengan keinginannya. Termasuk bisa memilih berkualiah di STTW Solo," papar Amar.

Salah seorang pengunjung, Vito Ardian mengatakan acara tersebut merupakan terobosan di tengah pandemi. Selain itu juga membantunya mendapatkan informasi masuk perguruan tinggi.

"Kakak-kakak yang ada di stan menjelaskan perguruan tinggi masing-masing seperti jurusan dan informasi masuknya. Contohnya tadi saat saya ke UPN Veteran Yogyakarta juga begitu," kata dia yang juga siswa SMAN 3 Sragen itu.

Pengunjung lain yang berasal dari SMAN Gondang Azizah Rahmawati menjelaskan acara itu mengenalkan terkait perguruan tinggi yang belum dia ketahui. Di acara itu, Azizah mengunjungi stan UNNES dan UNY. Kunjungan itu terkait kampus yang akan dia pilih nantinya. (M. Diky Praditia)

Read Next