logo

Kampus

Sediakan Tiga Wahana, UKM Garba Wira Bhuana UNS Ajak Mahasiswa Kenali Danau Kampus

Sediakan Tiga Wahana, UKM Garba Wira Bhuana UNS Ajak Mahasiswa Kenali Danau Kampus
Beberapa mahasiswa tengah menaiki perahu karet dalam kegiatan Danau UNS Sepulang Kuliah oleh UKM Mapala Garba Wira Bhuana UNS Solo, Selasa (13/9/2022). (EDUWARA/K Setia Widodo)
Redaksi, Kampus13 September, 2022 23:00 WIB

Eduwara.com, SOLO – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Garba Wira Bhuana Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar Danau UNS Sepulang Kuliah, Sabtu-Kamis (10-15/9/2022). Melalui acara itu, mahasiswa UNS bisa mencoba tiga wahana yakni menaiki perahu berkeliling danau UNS, rappelling, dan flying fox.

Ketua Panitia, M Daffa Rizqi Alfalah menuturkan selain untuk memperkenalkan UKM Garba Wira Bhuana, acara itu juga sebagai cara lain bersenang-senang di Danau UNS.

"Biasanya mahasiswa di sini kan cuma nongkrong. Jadi kami adakan wahana untuk refreshing dengan naik perahu karet, kano, rappelling, dan flying fox," kata Daffa kepada Eduwara.com, Selasa (13/9/2022), di sela-sela kegiatan.

Daffa menambahkan, selama ini para mahasiswa ketika datang ke danau hanya duduk-duduk di kursi dan mayoritas belum pernah turun ke danau. Oleh karena itu, kegiatan yang digelar Garba Wira Bhuana bisa memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk lebih mengenal dengan Danau UNS.

"Kegiatan ini setidaknya memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mengenal danau UNS. Tidak hanya melihat dari atas namun bisa turun untuk berkeliling danau," tambah dia.

Antusias

Mahasiswa Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian itu menilai, sejak hari pertama, mahasiswa sangat antusias untuk mengikuti acara itu. Dia menyebut, masing-masing koordinator wahana sempat kewalahan karena banyaknya mahasiswa yang ingin mencoba ketiga wahana yang disediakan, terlebih ketika sore hari.

Pantauan Eduwara.com, wahana perahu karet bisa diikuti hingga empat orang. Mereka diajak berkeliling ke setiap sudut danau UNS. Selain itu, juga dilatih cara mendayung dengan benar, cara duduk di perahu, memegang dayung, belok kanan dan kiri, serta memberhentikan perahu.

Untuk wahana flying fox dan rappelling berada di lantai dua  bangunan sebelah barat danau. Lintasan flying fox menyeberang di atas danau menuju ke selatan. Sedangkan lintasan rappelling menuruni lantai dua hingga lantai satu.

Kegiatan Danau UNS Sepulang Kuliah pertama kali digelar oleh UKM tersebut. Lingkup sasaran juga tidak hanya internal anggota UKM, namun lebih luas. Tidak hanya mahasiswa, namun juga masyarakat umum yang datang ke UNS Solo.

"Mungkin tahun depan akan diadakan lagi. Karena melihat antusias yang datang dan juga menjadi latihan pengurus mengenai kepanitaan acara yang lingkup pesertanya umum," ungkap dia. (K. Setia Widodo)

Read Next